Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 06 Juli 2022 | 16:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para ilmuwan berhasil menemukan spesies teratai atau lili air raksasa baru. Bahkan didapatkan kalau inilah teratai terbesar di dunia yang berhasil ditemukan.

Hingga akhirnya ilmuwan menamakan teratai terbesar di dunia ini sebagai Victoria boliviana di Kew Royal Botanic Gardens, London.

Teratai ini telah menjadi bagian dari Herbarium Kew, koleksi besar tanaman yang diawetkan selama 177 tahun.

Menurut Kew, ini adalah penemuan pertama spesies teratai raksasa baru dalam lebih dari satu abad.

Mulanya, bunga teratai terbesar di dunia ini telah salah diidentifikasi sebagai spesies Victoria amazonica.

"Kami menduga ada spesies lain dari teratai Victoria, selain amazonica dan yang lain disebut cruziana di luar sana. Ini memulai upaya penelitian," kata Carlos Magdalena, ahli hortikultura botani di Kew, dikutip dari CNET, Rabu (6/7/2022).

Teratai tersebut berasal dari lahan basah Bolivia. Magdalena menanam benih yang disumbangkan dari Bolivia dan mengetahui bahwa tanaman baru itu berbeda dari spesies yang dikenal sebelumnya.

Terbesar di Dunia - Victoria boliviana (RBG Kew)

Menurut para ahli, Victoria boliviana memiliki distribusi duri dan bentuk biji yang berbeda dengan anggota lain dari genus Victoria.

Studi yang diterbitkan di jurnal Frontiers in Plant Science ini mengacu pada data dari catatan sejarah, DNA, spesimen dalam koleksi taman, contoh liar dan bahkan posting media sosial dari penggemar teratai yang mendokumentasikan tanaman.

Victoria boliviana memiliki daun yang membentang lebih dari tiga meter. Tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang dapat berubah menjadi merah muda.

Kew sekarang menanam Victoria boliviana di Waterlily House.

Ketiga spesies bunga lili air raksasa tersebut hidup di Konservatorium Princess of Wales, satu-satunya tempat di dunia di mana tanaman itu tumbuh bersama.

Lebih lanjut cek DI SINI.

Itulah penemuan bunga teratai terbesar di dunia dengan usia 177 tahun yang diberi nama Victoria boliviana. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Kenalkan HP Flagship, Xiaomi Gandeng Bunga Citra Lestari