Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 24 September 2022 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Nissan, Honda, dan Toyota semuanya akan membayar perusahaan telekomunikasi untuk teknologi nirkabel yang digunakan untuk menghubungkan mobil mereka ke internet.

Dilansir dari Carscoops, sejumlah besar perusahaan telekomunikasi, termasuk Nokia, telah menuntut pembayaran paten dari produsen mobil Jepang terkemuka untuk teknologi mobil terhubung yang mereka gunakan.

Biasanya, produsen mobil Jepang membiarkan pemasok suku cadang membayar biaya ini berkat posisi mereka yang kuat dalam industri otomotif.

Untuk pertama kalinya, pembuat mobil Jepang ini telah setuju untuk membayar biaya lisensi tersebut dan bersama Stellantis, masing-masing telah menandatangani kontrak dengan Avanci yang menegosiasikan biaya paten untuk standar komunikasi LTE.

Disebutkan bahwa pembuat mobil yang dimaksud akan membayar antara 15 hingga 20 dolar AS (200-300 ribuan rupiah) per mobil yang menggunakan teknologi 2G, 3G, dan 4G.

Logo Nokia. (Shutterstock)

Langkah dari pembuat mobil Jepang ini untuk membayar biaya paten terkait teknologi mobil terkoneksi datang setelah sejumlah merek mobil Eropa menandatangani kesepakatan serupa dengan Avanci.

Misalnya, Mercedes-Benz Group setuju untuk membayar biaya lisensi 4G kepada Nokia pada Juni 2021.

Perusahaan teknologi lain termasuk Panasonic Holdings, Sony Group, dan Sharp juga merupakan bagian dari putaran negosiasi terbaru.

Konfirmasi bahwa banyak pembuat mobil akan membayar biaya ini datang kira-kira delapan bulan setelah 48 perusahaan teknologi telekomunikasi menuntut pembayaran dari Toyota, Honda, dan Nissan, termasuk orang-orang seperti Ericsson, Philips, NTT, Sony Group, Panasonic, dan Sharp.

48 perusahaan ini memegang sekitar 70 persen dari standar paten esensial yang membentuk dasar 4G.  Sebagian besar paten ini dianggap sangat diperlukan untuk pengembangan mobil yang terhubung dan mencakup berbagai metode transmisi dan penerimaan gelombang radio dengan perangkat komunikasi dalam kendaraan.

 

BACA SELANJUTNYA

Toko Online Vivo di Jerman Tutup, Mau Angkat Kaki?