Kamis, 28 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 26 September 2022 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pfizer, perusahaan farmasi dan biotek yang berkantor pusat di New York itu panen kritik dalam beberapa bulan terakhir di tengah kekhawatiran publik atas efektivitas vaksin Covid-19-nya dan Paxlovid.

Paxlovid, pil yang diresepkan untuk mengobati virus corona telah menyebabkan lusinan infeksi ulang pada para pejabat tinggi Amerika Serikat.

Dilansir dari Sputnik News, ketua dan CEO Pfizer Albert Bourla dinyatakan positif terkena virus corona pada Sabtu (24/9/2022) untuk kedua kalinya dalam 40 hari.

"Saya sudah dinyatakan positif COVID. Saya merasa sehat dan bebas gejala. Saya belum memiliki booster bivalen baru, karena saya mengikuti pedoman CDC untuk menunggu 3 bulan sejak kasus COVID saya sebelumnya ... Meskipun kami telah membuat kemajuan besar, virus masih bersama kami," cuit Bourla.

Bourla sebelumnya melaporkan terkena Covid pada 15 Agustus, mengatakan pada saat itu bahwa dia "bersyukur telah menerima empat dosis vaksin Pfizer-BioNTech" dan memberi tahu pengikut bahwa dia telah memulai perawatan dengan kursus Paxlovid.

Ilustrasi masker dan obat. (Pixabay)

Disetujui pada akhir 2021, dan diresepkan secara massal mulai musim semi dan musim panas 2022.

Paxlovid mulai menjadi berita utama pada Agustus setelah serangkaian pejabat tinggi termasuk Presiden Joe Biden, istrinya Jill, dan kepala penasihat medis Gedung Putih Anthony Fauci yang kena Covid dua kali berturut-turut walau sudah mendapat vaksin dan booster-nya.

Pfizer membukukan untung fantastis dengan menjual vaksin virus coronanya di Amerika Serikat dan kepada pemerintah di seluruh dunia, dengan keuntungan perusahaan melonjak dari 10,4 miliar dolar AS pada Q3 2019 menjadi 27,4 miliar dolar AS pada Q2 tahun 2022.

BACA SELANJUTNYA

Saham Pfizer Anjlok Seiring Menurunnya Permintaan Obat Covid