Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 27 September 2022 | 14:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selama beberapa dekade, ada banyak penelitian tentang sebab mengapa orang tertawa dan menyelidiki alasan evolusioner untuk perilaku manusia ini.

Dilansir dari Sputnik News, rupanya hal ini berpengaruh dengan peningkatan berbagai manfaat fisiologis, psikologis, sosial dan ekonomi.

Tertawa mungkin adalah alat yang diberikan alam kepada umat manusia untuk membantunya bertahan hidup saat melakukan perjalanan di sepanjang jalur evolusi, klaim sebuah studi baru.

Fitur perilaku manusia yang mendahului perkembangan bahasa ini (bayi berusia tiga bulan mampu tertawa) memberikan sejumlah manfaat fisiologis, psikologis, sosial dan ekonomi.

Humor selalu menjadi cara untuk membantu orang mengatasi stres dan kecemasan, meningkatkan emosi positif sambil mengurangi "intensitas yang dirasakan dari peristiwa kehidupan negatif".

Penelitian tersebut menyaring berbagai teori yang ada untuk mengetahui apa yang membuat sesuatu yang cukup lucu untuk membuat orang tertawa.

Ilustrasi orang tertawa. (Pexels)

Carlo Valerio Bellieni, Profesor Pediatri di Universitas Siena di Italia, menganalisis lebih dari 150 makalah yang mengidentifikasi berbagai aspek penting dari kondisi yang membuat manusia tertawa.

Menurut penelitian berjudul "Tertawa: Sinyal penghentian alarm terhadap ketidaksesuaian yang dirasakan antara kehidupan dan kekakuan", tawa mungkin dilestarikan oleh seleksi alam selama ribuan tahun untuk membantu manusia bertahan hidup.

Profesor memeriksa teori humor yang memberikan informasi penting tentang tiga bidang: fitur fisik tawa, pusat otak yang terkait dengan menghasilkan tawa, dan manfaat kesehatan dari tawa.

Dengan mengatur semua teori ke dalam bidang-bidang tertentu, penelitian ini memadatkan proses tawa yang sebenarnya menjadi tiga langkah utama: "kebingungan, resolusi, dan potensi sinyal yang sangat jelas."

Tertawa digambarkan oleh Bellieni sebagai proses tiga langkah. Pertama, situasi yang tampaknya "aneh" dapat memicu rasa ketidaksesuaian.

Kedua, "stres" situasi tidak sesuai yang telah diprovokasi harus diatasi, atau diselesaikan.

Dan, akhirnya, pelepasan tawa yang sebenarnya bertindak sebagai sinyal untuk memperingatkan orang lain oleh para pengamat bahwa mereka "aman".

Oleh karena itu, profesor itu mengklaim, tawa bisa digunakan oleh orang-orang selama ribuan tahun untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa respons "fight or flight" tidak diperlukan, karena tidak ada "ancaman".

Bellieni menambahkan bahwa tertawa penting untuk fisiologi tubuh manusia.

Seperti meneteskan air mata, tawa bertindak sebagai "mekanisme pelepasan" bagi tubuh, karena pusat otak yang mengatur perilaku ini adalah mereka yang mengendalikan emosi, ketakutan, dan kecemasan.

Dengan demikian, tawa mengurangi ketegangan dan membanjiri tubuh dengan lega.

Ini menjelaskan mengapa humor selalu sangat diperlukan di lingkungan rumah sakit untuk membantu pasien sembuh.

Tawa yang diinduksi humor juga dapat meningkatkan tekanan darah dan kekebalan tubuh.

Tertawa mengurangi risiko masalah kardiovaskular, stroke dan serangan jantung, karena bermanfaat bagi pembuluh darah. Ini mempengaruhi endotelium, membran tipis yang melapisi pembuluh darah.

Ketika kita tertawa, aliran darah kita naik dan tekanan darah meningkat dan efek ini telah ditemukan berlangsung selama 24 jam.

BACA SELANJUTNYA

Peneliti Ungkap Rahasia untuk Berkomunikasi dengan Kucing, Ini Kuncinya