Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 27 September 2022 | 17:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NASA telah menyelesaikan tes "pertahanan planet" pertamanya, dengan sengaja menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid yang melayang jutaan mil dari Bumi dalam upaya untuk mengubah jalurnya.

Dilansir dari Russia Today, badan tersebut mengatakan pihaknya melakukan pukulan langsung, tetapi masih menunggu data dari percobaan tersebut.

Pesawat ruang angkasa Double Asteroid Redirection Test (DART) membuat dampak terhadap asteroid Dimorphos pada hari Senin (26/9/2022), bertabrakan dengan objek seberat 11 miliar pon, sepanjang 520 kaki dengan kecepatan sekitar 14.000 mil per jam.

NASA mengatakan pesawat itu meleset dari pusat asteroid hanya 55 kaki, dengan momen tumbukan yang ditangkap pada video oleh kamera yang dipasang pada pesawat itu.

Hadapi Asteroid yang Bisa Menghantam Bumi, NASA Siapkan DART. (NASA)

"Ini telah berhasil menyelesaikan bagian pertama dari tes pertahanan planet pertama di dunia. Ada kerja keras selama bertahun-tahun, ada banyak inovasi dan kreativitas yang masuk ke dalam misi ini," kata Administrator NASA Bill Nelson.

"Saya percaya ini akan mengajari kita bagaimana, suatu hari, untuk melindungi planet kita sendiri dari asteroid yang masuk," imbuhnya.

Sementara badan antariksa itu dapat mengkonfirmasi dampaknya, di mana bisa memakan waktu hingga "beberapa bulan" sebelum efek penuh dari percobaan diketahui, insinyur sistem misi NASA Elena Adams mengatakan kepada wartawan.

Misi itu tidak bertujuan untuk menghancurkan asteroid, yang tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi, melainkan untuk mengubah arahnya. Dimorphos mengorbit asteroid lain bernama Didymos, dan para peneliti akan mencatat hasil tabrakan dengan mengamati lintasan yang berubah dari kedua objek.

Jika dicapai cukup cepat, mengubah arah asteroid hanya 1% bisa cukup untuk mencegah tabrakan mematikan jika terdapat asteroid menuju Bumi, menurut NASA.

Mereka juga mengatakan ada sekitar 30.000 objek dekat Bumi yang diketahui di tata surya.

Sementara sebagian besar dari mereka berdiameter lebih kecil dari 100 meter, sekitar sepertiganya mendekati ukuran Dimorphos pada 170 meter, atau kira-kira sebesar stadion sepak bola.

Ilustrasi asteroid. (Pixabay)

NASA tidak percaya asteroid sebesar itu dijadwalkan untuk menghantam Bumi dalam abad berikutnya, tetapi para peneliti secara teratur menemukan benda-benda baru yang terbang melalui ruang angkasa.

Pada bulan Mei, para ilmuwan di sebuah perusahaan yang berbasis di California mengidentifikasi lebih dari 100 asteroid yang sebelumnya tidak diketahui, membuatnya tidak diketahui berapa banyak batuan yang tidak terdeteksi yang dapat menimbulkan ancaman bagi Bumi.

Pesawat DART itu diluncurkan November lalu dalam koordinasi dengan mitra internasional, termasuk Badan Antariksa Eropa (ESA), Badan Antariksa Italia (ASI) dan Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA), dan menelan biaya sekitar 325 juta dolar AS.

Collider itu agak jarang dilengkapi, hanya membawa sensor untuk navigasi dan satu kamera aperture yang dijuluki DRACO, yang menangkap dampak hari Senin pada film.

BACA SELANJUTNYA

Asteroid Seukuran Gedung Tiga Lantai Sempat Dekati Bumi namun Tak Usung Bahaya