Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 27 September 2022 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Harga kayu bakar dan pelet kayu di Jerman melonjak 85,7% pada Agustus dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, Kantor Statistik Federal (Destatis) melaporkan.

Dilansir dari Russia Today, angka-angka menunjukkan bahwa biaya kayu bakar melonjak jauh lebih cepat daripada harga konsumen pada umumnya, di mana terdapat kenaikan sebesar 7,9% selama periode yang sama.

"Alasan kenaikan harga di atas rata-rata untuk kayu bakar dan pelet kayu adalah peningkatan permintaan, serta harga pembelian dan biaya transportasi yang lebih tinggi di industri kayu," jelas kantor statistik.

Laporan itu juga mencatat bahwa lebih banyak orang di Jerman beralih ke kayu bakar yang tak ramah lingkungan sebagai cara alternatif untuk memanaskan rumah mereka di tengah lonjakan harga energi.

Jerman, ekonomi terbesar Uni Eropa, telah bergulat dengan krisis energi di tengah penghentian pasokan gas alam Rusia.

Bulan lalu, Berlin mengungkapkan serangkaian langkah yang bertujuan mengurangi konsumsi gas selama musim pemanasan mendatang.

Ilustrasi hutan.(Pixabay)

Langkah-langkah tersebut termasuk menurunkan suhu pemanasan di kantor dan gedung publik, dengan pengecualian lembaga sosial seperti rumah sakit, dari 20 hingga 19 derajat Celcius. Bisnis, termasuk pengecer besar, sudah mulai mengurangi penggunaan daya mereka.

Lonjakan biaya energi telah merugikan rumah tangga dan bisnis di seluruh UE.

Negara-negara Eropa lainnya juga mulai memperkenalkan langkah-langkah drastis untuk membatasi penggunaan energi, seperti melarang pencahayaan luar untuk bangunan dan menurunkan suhu pemanasan dalam ruangan.

BACA SELANJUTNYA

Pertama di Dunia, Ilmuwan Berhasil Ciptakan Transistor dari Kayu