Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 28 September 2022 | 20:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Salah satu dari dua pesawat ruang angkasa akan memasuki orbit di sekitar bulan Jupiter Callisto, sementara yang lain harus melakukan perjalanan menuju Uranus.

Setelah berhasil mengirim misi tak berawak ke Bulan dan planet Mars, China kini telah mengarahkan pandangannya pada objek yang lebih jauh di Tata Surya.

Dilansir dari Sputnik News, Beijing berupaya mengirim dua probe ke luar angkasa sekitar tahun 2030, dengan tujuan mereka masing-masing adalah planet Jupiter dan Uranus.

Penampakan terbaru Jupiter hasi pemotretan Teleskop Luar Angkasa James Webb. (NASA)

Kedua probe diharapkan akan diluncurkan ke luar angkasa dengan roket Long March 5 yang sama di bawah naungan misi Tianwen-4 yang rinciannya terungkap di Kongres Astronot Internasional di Paris oleh Wang Qiong dari Pusat Eksplorasi Bulan dan Teknik Luar Angkasa Administrasi Antariksa Nasional China.

Yang lebih besar dari dua pesawat ruang angkasa seharusnya menyelidiki sistem Jupiter dan diperkirakan akan memasuki orbit di sekitar salah satu bulan planet ini, Callisto.

Sementara itu, pesawat ruang angkasa yang lebih kecil akan melakukan perjalanan lebih jauh menuju bagian luar Tata Surya kita, tujuan utamanya adalah Uranus.

Wang, bagaimanapun, mengatakan kepada media bahwa "tujuan ilmiah masih dalam pertimbangan."

BACA SELANJUTNYA

Giliran Perusahaan Teknologi AS Balik Diblacklist China, Amerika Malah Mengeluh