Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 29 September 2022 | 12:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah studi mengatakan bahwa dua hingga tiga cangkir per hari tampaknya menghasilkan hasil terbaik dalam hal meningkatkan umur panjang dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Sputnik News, orang yang minum kopi secara teratur mungkin memiliki umur yang lebih panjang dan kurang rentan menderita penyakit kardiovaskular daripada mereka yang menahan diri untuk tidak mengonsumsi minuman ini.

Hal tersebut dipaparkan dalam sebuah studi baru yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology.

Dalam penelitian yang dimaksud, kopi, termasuk bubuk, instan, dan bahkan tanpa kafein, "dikaitkan dengan pengurangan yang setara dalam insiden penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab apa pun," kata penulis studi Profesor Peter Kistler dari Baker Heart and Diabetes Research Institute di Australia.

Ilustrasi kopi. (pixabay/fancycrave1)

"Hasilnya menunjukkan bahwa asupan kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein ringan hingga sedang harus dianggap sebagai bagian dari gaya hidup sehat," katanya, seperti dikutip dalam siaran pers european society of Cardiology.

Para peneliti menggunakan data dari UK Biobank, repositori sampel biologis yang disediakan oleh sekitar setengah juta sukarelawan berusia antara 40 dan 69 tahun, untuk memeriksa hubungan antara jenis kopi dan "aritmia insiden, penyakit kardiovaskular, dan kematian."

BACA SELANJUTNYA

Microsoft Mulai Tertarik ke Bisnis Energi, Nuklir Jadi Tujuan