Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 04 Oktober 2022 | 20:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Studi yang diterbitkan dalam Lancet Diabetes & Endokrinologi mengungkapkan bahwa jumlah pasien yang diperkirakan menderita diabetes tipe 1 akan berlipat ganda pada tahun 2040 dari 8,4 juta menjadi 17,4 juta orang.

Diabetes tipe 1, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, berarti bahwa tubuh seseorang tidak dapat berproduksi, atau menghasilkan kadar insulin yang sangat rendah.

Insulin adalah hormon yang diproduksi di pankreas yang membantu gula darah masuk ke dalam sel seseorang.

Dilansir dari Sputnik News, gejala diabetes tipe 1, yang kurang umum daripada diabetes tipe 2, termasuk peningkatan rasa haus, sering buang air kecil, penurunan berat badan, kelelahan, lekas marah dan perubahan suasana hati.

Padahal, diabetes tipe 1 dianggap semaut hukuman mati sekitar 90 tahun yang lalu.

Menurut Howard E. LeWine, Kepala Editor Medis di Harvard Health Publishing, setengah dari mereka yang mengidap diabetes Tipe 1 meninggal dalam waktu dua tahun setelah didiagnosis, dan lebih dari 90% meninggal dalam waktu lima tahun.

Ilustrasi masker dan obat. (Pixabay)

Tetapi perawatan insulin, yang dibuat pada tahun 1922, membantu mereka yang menderita diabetes tipe 1 hidup sampai usia 50 tahun atau lebih.

Anak-anak, tetap rentan terhadap penyakit ini, dan masih berada pada risiko kematian yang lebih besar karena diabetes tipe 1.

Seorang anak berusia sepuluh tahun yang tinggal di negara berpenghasilan rendah dan didiagnosis menderita diabetes Tipe 1 memiliki harapan hidup hanya 13 tahun, dibandingkan dengan 61 tahun jika mereka tinggal di negara berpenghasilan tinggi.

Tetapi penyebab kematian yang paling umum bagi mereka yang berusia di bawah 25 tahun dengan diabetes tipe 1, menurut para peneliti, adalah tidak mencari pengobatan karena mereka tidak terdiagnosis.

Kesimpulan itu didasarkan pada perkiraan sekitar 175.000 orang di seluruh dunia yang meninggal karena diabetes tipe 1 pada tahun 2021, dengan para peneliti percaya bahwa 63% hingga 70% kematian di antara mereka yang berusia di bawah 25 tahun terjadi karena orang tersebut tidak terdiagnosis.

BACA SELANJUTNYA

Pertama di Dunia, Ilmuwan Berhasil Ciptakan Transistor dari Kayu