Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 07 Oktober 2022 | 14:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Amerika Serikat dan Rusia saling mendukung dalam masalah ruang angkasa termasuk penerbangan manusia dan tidak hanya melalui penerbangan terintegrasi, kata Direktur Eksekutif Program Penerbangan Luar Angkasa Manusia Sergei Krikalev kepada wartawan.

Dilansir dari Sputnik News, Krikalev mengatakan penerbangan terintegrasi adalah tahap lain dalam kerja sama ruang angkasa AS-Rusia.

Dia menambahkan bahwa proposal untuk penerbangan terpadu semacam itu dibuat oleh pihak Amerika, dan Rusia mendukungnya.

"Karena masuk akal secara teknis untuk membuat penerbangan yang luar biasa ini, karena benar-benar meningkatkan keandalan sistem, itu meningkatkan resistensi," katanya.

"Jika ada masalah dengan peluncuran kapal ruang angkasa, mitra kami tidak akan dibiarkan tanpa spesialis di segmen ini."

Krikalev melanjutkan dengan mencatat bahwa ini bukan satu-satunya area di mana Rusia dan Amerika Serikat bekerja sama.

"Di pusat kendali Amerika ada spesialis kami, di pusat kendali kami, ada spesialis Amerika. Dan grup ini hanya dirancang untuk mendukung Mission Control Center (MCC) mereka. Jika Anda ingat bertahun-tahun yang lalu, tepat ketika saya terbang di Ekspedisi 11, Houston dilanda Badai Katrina, dan seluruh staf PKS dievakuasi, dan kelompok support spesialis dari Amerika yang berada di PKS Moskow mengambil alih tugas mengelola segmen Amerika," katanya

Astronot saat berada di luar ISS. (NASA)

Artinya, tambahnya, mereka mengamankan diri baik di tingkat layanan darat, maupun di tingkat spesialis yang terlibat dalam pelatihan dan di tingkat astronot.

"Sekarang kami juga membuat koneksi silang yang memungkinkan kami untuk meningkatkan stabilitas sistem," katanya.

Roscosmos dan NASA Tetap Diplomatis

Kepala Roscosmos Yuri Borisov dan Administrator NASA Bill Nelson telah melakukan percakapan telepon di mana mereka menyampaikan undangan satu sama lain, Direktur Eksekutif Program Penerbangan Luar Angkasa Manusia Roscosmos Sergei Krikalev mengatakan kepada wartawan.

Pertemuan antara NASA keduanya sedang dikerjakan dan mungkin berlangsung pada akhir tahun, kata Direktur Eksekutif Program Penerbangan Luar Angkasa Manusia Sergei Krikalev kepada wartawan.

"Pertemuan antara Nelson dan Borisov sedang dikerjakan," kata Krikalev.

"Ada keinginan di kedua belah pihak, tetapi pertemuan tidak boleh diadakan hanya untuk berjabat tangan, itu harus mencakup diskusi. Sebagai aturan, ini disertai dengan semacam diskusi profesional. Dan sekarang mereka akan melihat kesempatan yang nyaman dan lebih bijaksana untuk bertemu di tempat yang paling nyaman, sehingga akan nyaman bagi semua orang."

Pada bulan Juli, Roscosmos dan NASA menandatangani perjanjian tentang penerbangan terpadu kosmonot dan astronot ke ISS.

Astronot. (Pixabay/WikiImages)

Sebagai bagian dari perjanjian, roket Soyuz-2.1a dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-22 diluncurkan dari Baikonur ke ISS pada 21 September membawa kru lain termasuk kosmonot Rusia Sergei Prokopyev dan Dmitry Petelin serta astronot NASA Francisco Rubio.

Satu-satunya kosmonot wanita di Roscosmos, Anna Kikina, akan terbang ke ISS dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon buatan AS.

Pada tahun 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin menganugerahi astronot AS Nick Hague dengan Order of Courage atas keberanian yang dia tunjukkan selama peluncuran roket Soyuz-FG Rusia yang dibatalkan pada Oktober 2018.

Pada 11 Oktober 2018, booster Soyuz-FG gagal meluncurkan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-10, yang seharusnya membawa den Haag dan kosmonot Rusia Alexey Ovchinin ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Misi itu dibatalkan karena kerusakan booster beberapa menit setelah lepas landas.

Dua orang kru melarikan diri dengan kapsul penyelamat dan kembali ke bumi tanpa cedera.

Ketika Perusahaan Luar Angkasa Negara Rusia Roscosmos dan NASA sepakat untuk segera mengatur penerbangan baru, Den Haag dan Ovchinin tiba di ISS pada 15 Maret, bersama dengan astronot NASA Christina Koch.

Pada 3 Oktober, Den Haag dan Ovchinin kembali ke Bumi dengan pesawat ruang angkasa Soyuz MS-12, bersama dengan astronot UEA pertama, Hazzaa Al Mansoori.

 

Untuk informasi terkini seputar dunia teknologi, sains dan anime, jangan lupa untuk subscribe halaman Facebook kami di sini.

BACA SELANJUTNYA

Walau Dibenci Pemerintah AS, Warga Amerika Rupanya Banyak yang Pro TikTok