Kamis, 09 Februari 2023
Amelia Prisilia : Jum'at, 14 Oktober 2022 | 15:49 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar kembali membuat publik heboh usai sama-sama memutuskan untuk berdamai usai kasus KDRT terjadi. Secara ilmiah, simak ulasan alasan wantia bertahan dalam hubungan KDRT.

Sebelumnya, Lesti Kejora mengejutkan publik dengan laporan KDRT. Dirinya mengaku mendapat sejumlah kekerasan dari sang suami, Rizky Billar. Dalam waktu singkat, laporan ini langsung menjadi perhatian publik.

Setelah sempat menahan Rizky Billar selama beberapa hari, pihak berwajib kemudian dikejutkan dengan keinginan Lesti Kejor yang justru mencabut laporan KDRT tersebut. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah karena anak dari pasangan artis ini.

Melihat kasus ini secara sains, rupanya ada alasan khusus yang menjadi penyebab wanita bertahan dalam hubungan KDRT. Dilansir dari jurnal resmi yang diunggah ke MDPI, berikut penyebab hal tersebut terjadi.

1. Malu

Ilustrasi pasangan. (unsplash/Pablo Heimplatz)

Rasa malu yang muncul menjadi salah satu penyebab wanita bertahan dalam hubungan KDRT. Karena rasa ini, korban KDRT justru memilih tidak melaporkan ke pihak berwajib.

2. Komitmen pernikahan

Komitmen untuk terus bersama dalam hubungan pernikahan membuat beberapa wanita menolak mengakhiri hubungan KDRT walaupun berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

3. Ketakutan pada anak-anak

Alasan lainnya seorang wanita bertahan dalam hubungan KDRT adalah karena tekanan psikologis dan kekhawatiran mengenai hal-hal negatif yang mungkin terjadi pada anak-anaknya. Perasaan takut pada tuduhan menjauhkan anak-anak dari sang ayah menjadi salah satu penyebabnya.

4. Yakin bahwa pasangan akan berubah

Ilustrasi pasangan bertengkar. (unsplash/Eric Ward)

Penelitian ini menyebut bahwa keyakinan wanita bahwa sang pasangan bisa berubah menjadi salah satu penyebab dirinya bertahan dalam hubungan KDRT. Harapan agar pasangan dapat berubah sejalannya waktu membuat hubungan ini terus dipertahankan.

5. Ketergantungan ekonomi

Bagi beberapa wantia, kurangnya kemampuan ekonomi menjadi salah satu hambatan dirinya untuk mengakhiri hubungan KDRT. Ketakutan mengenai kondisi ekonomi tanpa pasangan membuat wanita memutuskan untuk terus mempertahankan hubungan.

Itu tadi 5 alasan ilmiah yang menyebabkan wanita bertahan dalam hubungan KDRT. Tidak dijelaskan dengan pasti, kelima hal di atas bisa saja menjadi penyebab Lesti Kejora memilih memaafkan Rizky Billar usai konflik panas antara keduanya.

BACA SELANJUTNYA

Mengapa Air Laut Asin? Ini Penjelasan Ilmiahnya