Kamis, 09 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Senin, 31 Oktober 2022 | 16:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pelanggan Toyota di Jepang akan mendapatkan kunci mekanis, bukan kunci "pintar" ketika mereka mendapatkan kendaraan baru mereka, menurut laporan dari Russia Today.

Salah satu dari dua kunci "pintar" elektronik akan diganti dengan yang dasar, jelas agensi, mengutip pernyataan pembuat mobil.

"Karena kekurangan semikonduktor terus berlanjut, ini adalah tindakan sementara yang bertujuan mengirimkan mobil ke pelanggan secepat mungkin," kata Toyota. Kunci pintar kedua akan diserahkan "segera setelah siap," tambah pernyataan itu.

Kekurangan chip global yang dimulai selama pandemi Covid-19 telah menyebabkan masalah pasokan yang parah dan penundaan dengan industri otomotif dan lainnya.

Ilustrasi semikonduktor. (Pexels)

Kelangkaan suplai barang berteknologi apalagi semikonduktor mulai mencuat seiring dengan adanya pandemi Covid-19, khususnya tahun 2021.

Krisis ini kian buruk dengan adanya konflik Ukraina-Rusia yang menyebabkan pengiriman bahan semikonduktor terhambat, pun juga dengan peredarannya.

Tak heran sejumlah perusahaan yang bergantung pada barang-barang berteknologi, seperti pabrikan ponsel dan juga mobil mulai wajib putar otak untuk mengatasi masalah ini, termasuk Toyota yang mulai kembali menggunakan kunci mekanis.

BACA SELANJUTNYA

Harga Silicon Wafer TSMC Naik Signifikan dari Produksi 7nm ke 3nm, Ini Imbasnya