Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 08 November 2022 | 12:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah roket China yang dapat digunakan kembali yang mengorbit Bumi telah melepaskan objek lain ke orbit, menurut Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat, yang mendeteksi pesawat tak dikenal itu pada Senin pekan lalu.

Menurut situs Orbital Focus seperti dilansir dari Russia Today, objek kedua mungkin bergerak kurang dari 200 meter dari induknya.

Dengan sedikit informasi resmi yang akan dilanjutkan, para ahli AS percaya objek baru yang dikira benda asing itu terkait dengan proyek yang didanai oleh Natural Science Foundation of China.

Secara khusus, pesawat berpasangan ini mungkin terlibat dalam pengembangan segmen orbital pada sistem transportasi ruang angkasa dua tahap ke orbit yang sepenuhnya dapat digunakan kembali.

Komponen suborbital sistem melakukan penerbangan kedua pada bulan September.

Illustrasi roket. (CNSA)

Pengamat ruang angkasa telah berhipotesis bahwa objek tersebut mungkin satelit kecil yang dirancang untuk memantau pesawat yang lebih besar, modul layanan, atau hasil tes untuk melihat apakah pesawat yang lebih besar dapat berhasil menyebarkan muatan satelit. 

"Pesawat ruang angkasa eksperimental yang dapat digunakan kembali" diluncurkan 4 Agustus dari Jiuquan di Gurun Gobi, didorong oleh salah satu roket Long March 2F China, dan telah berada di orbit selama tiga bulan.

Ada kemungkinan objek itu dilepaskan beberapa waktu lalu dan baru terlihat ketika pesawat ruang angkasa itu sedikit menggeser orbitnya dua minggu lalu.

Beijing secara khas diam tentang sifat dan detail misi, dan tidak jelas kapan pesawat ruang angkasa itu akan mendarat atau di mana. Ini sedang dikembangkan oleh China Academy of Launch Vehicle Technology.

Sebanyak setengah dari 366 penampakan "objek terbang tak dikenal" yang dicatat oleh Kantor Direktur Intelijen Nasional tahun lalu tetap terbuka, meskipun beberapa percaya banyak dari pesawat itu, yang mampu melakukan manuver yang mustahil bagi pesawat Amerika, mungkin adalah drone China.

BACA SELANJUTNYA

Lagi Merebak di AS, Narkoba Zombie Ini Bikin Busuk Jaringan