Jum'at, 19 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 16 November 2022 | 16:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sekelompok peneliti dari Technical University of Denmark telah memperingatkan bahwa tindakan meremehkan perubahan iklim dapat menyebabkan kesalahan perhitungan drastis dari seluruh situasi iklim, serta perkiraan mengenai langkah-langkah untuk melawannya.

Dilansir dari Sputnik News, pengamatan baru dari Greenland Timur Laut telah menunjukkan aliran air lelehan yang jauh lebih besar dari wilayah utama pulau itu daripada yang diperkirakan sebelumnya, yang semakin membahayakan permukaan laut dunia.

Bahkan perhitungan sebelumnya telah menunjukkan bahwa air lelehan dari Northeast Greenland Ice Stream (NEGIS) saja dapat menyebabkan kenaikan permukaan laut dunia sekitar 2,5 milimeter pada tahun 2100.

Tak cuma itu, dengan menggunakan pengamatan sistem satelit navigasi global (GNSS) yang unik, dikombinasikan dengan perubahan ketinggian permukaan dan kecepatan permukaan yang diperoleh dari data satelit, penelitian baru memperkirakan aliran air lelehan enam kali lebih cepat dari lapisan es Greenland ke laut.

Menurut para peneliti dari Technical University of Denmark (DTU), air lelehan dari NEGIS saja akan menyebabkan kenaikan air laut lebih dari 15 milimeter, yang sesuai dengan apa yang telah disumbangkan oleh seluruh lapisan es Greenland dalam 50 tahun terakhir.

Penulis pertama studi, profesor DTU Shfaqat Abbas Khan memperkirakan bahwa pencairan seluruh lapisan es Greenland mungkin juga lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

"Greenland Timur Laut hanyalah salah satu contoh area yang telah kami lihat dengan metode baru kami.

Ilustrasi salju. (Pixabay)

Mungkin akan ada banyak tempat lain yang juga sangat kami remehkan," kata Shfaqat Abbas Khan kepada Danish Media.

Menurut penelitian tersebut, penipisan es Greenland yang luas telah merambat lebih dari 200 km ke pedalaman, mengancam akan semakin mempercepat laju pencairan.

Panel iklim PBB sebelumnya menilai kemungkinan kenaikan permukaan laut sebesar 2100 pada 75 sentimeter, tetapi ini mungkin juga diremehkan, Abbas Khan merenung.

Jika pengukuran dari tempat lain kurang dilaporkan seperti yang dari Greenland Timur Laut, permukaan laut kemungkinan besar akan naik lebih dari satu meter sebelum tahun 2100, kata Shfaqat Abbas Khan.

Selama dua dekade terakhir, hilangnya es dari lapisan es Greenland telah meningkat, karena peningkatan pencairan permukaan dan pembuangan es ke laut. Namun, luas, kecepatan, dan prospeknya tetap diperdebatkan.

Secara teoritis, seluruh lapisan es Greenland mengandung cukup air untuk mengangkat lautan lebih dari tujuh meter.

Sebagai perbandingan, lapisan es Antartika mengandung cukup untuk mengangkat permukaan laut hampir 50 meter.

Terletak di antara samudra Arktik dan Atlantik, di sebelah timur Kepulauan Arktik Kanada, Greenland yang berpenduduk jarang adalah pulau terbesar di dunia.

Ini juga merupakan salah satu dari tiga negara konstituen Alam Denmark bersama Denmark dan Kepulauan Faroe.

BACA SELANJUTNYA

Lapisan Es di Greenland Makin Gelap, Pencemaran Lingkungan Memburuk?