Sabtu, 04 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 25 November 2022 | 19:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa menargetkan jenis sel tertentu yang "penting dalam perkembangan tumor" dapat membantu mengobati karsinoma sel ginjal, dan bahwa obat yang mampu melakukan ini sudah tersedia.

Dilansir dari Sputnik News, harapan baru telah muncul bagi orang-orang yang menderita kanker ginjal yang dikenal sebagai karsinoma sel ginjal, karena para peneliti di Inggris menunjuk ke arah obat yang ada yang mereka katakan dapat membantu pasien yang menderita penyakit ini.

Sebuah tim dari Wellcome Sanger Institute di University of Cambridge dan Cambridge University Hospitals NHS Foundation Trust telah mendalilkan bahwa jenis sel darah putih yang dikenal sebagai makrofag, yang beberapa di antaranya mengandung gen IL1B, adalah "sangat penting dalam perkembangan tumor".

Para penulis studi baru ini, yang telah diterbitkan dalam Cancer Cell, berpendapat bahwa menargetkan makrofag IL1B ini dapat membantu mengobati karsinoma sel ginjal dan bahwa obat yang ada yang awalnya dirancang untuk mencegah kanker paru-paru dapat digunakan untuk ini.

"Saya optimis bahwa menargetkan makrofag IL1B dapat memberi kita cara untuk mengobati karsinoma sel ginjal tanpa harus menjalani operasi," kata Dr. Thomas Mitchell, penulis senior studi baru tersebut, seperti dikutip dalam siaran pers oleh Cambridge University Hospitals NHS Foundation Trust.

Sementara para peneliti belum membuktikan hipotesis mereka melalui uji klinis, mereka sudah mengeksplorasi opsi baru ini.

BACA SELANJUTNYA

Rajin Ngopi Bisa Bikin Umur Panjang? Begini Kata Penelitian