Kamis, 28 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 13 Desember 2022 | 14:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah tim peneliti di Amerika Serikat telah berhasil mendapatkan pengetahuan baru tentang sifat dan asal usul sebuah planet yang sangat panas.

Menurut laporan dari Sputnik News, planet ini mengorbit pada bintang yang jauh dari Bumi, di konstelasi Cancer.

Planet ini, yang dikenal sebagai 55 Cancri e atau Janssen, terletak di sistem bintang biner 55 Cancri yang terdiri dari bintang tipe-K 55 Cancri A (juga disebut dengan bintang Copernicus), yang diorbit Janssen, dan bintang katai merah 55 Cancri B.

Janssen mengorbit bintang 'inangnya' pada jarak yang sangat dekat, membuat planet tersebut mampu menyelesaikan satu rotasi di sekitarnya hanya dalam 18 jam.

 

Ilustrasi planet super panas. (NASA)

Tim peneliti menduga bahwa planet ini awalnya terbentuk pada orbit yang lebih jauh tetapi akhirnya bergerak lebih dekat ke Copernicus karena tarikan gravitasi yang terakhir.

"Kami telah belajar tentang bagaimana sistem multi-planet ini yang mana merupakan salah satu sistem dengan planet terbanyak yang kami temukan dan bagaimana kondisi sistem tersebut saat ini," Lily Zhao, peneliti di Pusat Astrofisika Komputasi Flatiron Institute dan penulis utama studi baru tersebut.

Dia mencatat bahwa bahkan di orbit aslinya Janssen kemungkinan sangat panas sehingga tidak ada yang makhluk yang telah kita ketahui akan dapat bertahan hidup di permukaan."

Para peneliti sampai pada kesimpulan mereka dengan mengukur cahaya yang dipancarkan oleh Copernicus dan mencatat bagaimana cahaya itu turun ketika Janssen datang di antara bintang inangnya dan Bumi.

Data yang diperoleh oleh para ilmuwan dapat membantu kita memahami lebih baik bagaimana planet terbentuk.

Seperti yang dijelaskan Zhao, mereka berharap untuk menemukan sistem planet yang mirip dengan tata surya.

BACA SELANJUTNYA

Jarak Bumi ke Mars Jutaan Kilometer, Berapa Waktu Perjalanannya?