Kamis, 28 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 01 Februari 2023 | 16:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baterai elektronik dan kendaraan listrik merupakan bagian penting dari teknologi modern, namun mereka juga menimbulkan masalah lingkungan besar ketika tidak dikelola dengan benar.

Limbah baterai elektronik dan kendaraan listrik mengandung bahan berbahaya seperti timah, nikel, dan logam berat lainnya, yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia jika tidak dikelola dengan benar.

Dirangkum dari berbagai sumber, salah satu efek negatif dari limbah baterai elektronik adalah pencemaran tanah dan air. Baterai yang tidak dikelola dengan benar dapat membebaskan logam berbahaya ke lingkungan, yang dapat mempengaruhi kualitas air dan tanah sekitarnya. Ini dapat membahayakan ekosistem lingkungan, mempengaruhi kualitas hidup hewan dan tanaman, dan memperburuk kualitas air yang digunakan untuk irigasi dan minum.

Limbah baterai elektronik dan kendaraan listrik juga berpotensi membahayakan kesehatan manusia. Logam berbahaya yang terkandung dalam limbah baterai dapat menyebar melalui lingkungan dan memasuki makanan dan minuman manusia. Ini dapat menyebabkan efek toksik dan kronis pada tubuh manusia, termasuk kerusakan ginjal, hati, dan otak.

Ilustrasi baterai lithium ion. (Ingeniovirtual)

Solusi untuk mengatasi masalah limbah baterai elektronik dan kendaraan listrik adalah pengelolaan limbah yang baik. Ini termasuk pemilahan dan pengumpulan limbah baterai, serta pemrosesan limbah secara bijaksana untuk memisahkan bahan berbahaya dan memastikan bahwa mereka tidak membahayakan lingkungan atau kesehatan manusia.

Perusahaan dan pemerintah juga dapat berkontribusi dengan mempromosikan pemakaian baterai dan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan dan menyediakan fasilitas pengelolaan limbah yang efektif untuk mengatasi masalah ini.

Dengan mengatasi masalah limbah baterai elektronik dan kendaraan listrik, kita dapat memastikan bahwa teknologi modern dapat berkembang dengan cara yang ramah lingkungan dan memastikan bahwa generasi mendatang dapat hidup dalam lingkungan yang sehat dan lestari.

BACA SELANJUTNYA

Q1 2023: Penjualan Mobil dan Motor Listrik di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat