Jum'at, 21 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 13 Maret 2023 | 12:15 WIB

Hitekno.com - Pada tanggal 11 Maret 2023, Gunung Merapi meletus dan menyebabkan hujan abu vulkanik di beberapa wilayah di sekitarnya, termasuk di Magelang. Dampak abu vulkanik dapat mengganggu aktivitas dan menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Abu vulkanik mengandung silika kristal yang dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Jumlah abu vulkanik yang menutupi lingkungan atau terhirup masuk ke paru-paru juga mempengaruhi dampak yang ditimbulkan.

Beberapa dampak abu vulkanik termasuk gangguan pernapasan akut, jadwal penerbangan tertunda, iritasi dan alergi pada kulit dan mata, ketersediaan air bersih yang terbatas.

Gunung merapi. (Twitter/@BPPTKG)

Begini rincian lima efek buruk abu vulkanik yang perlu kamu tahu:

  • Gangguan pernapasan akut seperti asma, bronkitis, dan PPOK bisa terjadi akibat abu vulkanik yang masuk ke dalam paru-paru.
  • Tinggi erupsi abu vulkanik bisa mencapai beberapa kilo dari puncak gunung, menyebabkan jadwal penerbangan tertunda karena abu mengganggu pandangan mata pilot.
  • Abu vulkanik juga bisa menyebabkan iritasi pada mata dan kulit karena mengandung unsur silika, mineral, dan bebatuan.
  • Hujan abu vulkanik dapat mengkontaminasi air bersih dan saluran air bisa tersumbat, menyebabkan ketersediaan air bersih terbatas.
  • Adanya kristal silika bebas di dalam abu vulkanik dapat meningkatkan risiko silikosis, yaitu penyakit paru-paru fatal yang ditandai dengan mengi, batuk berdahak, dan penurunan berat badan.

 

Suara.com/Hillary Sekar Pawestri

BACA SELANJUTNYA

Anak yang Diberi Smartphone Sejak Dini Rentan Alami Masalah Kejiwaan, Menurut Studi