Jum'at, 21 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 16 Maret 2023 | 10:43 WIB

Hitekno.com - Letusan gunung berapi dapat menghasilkan berbagai bahaya. Meskipun fenomena seperti aliran dan gelombang piroklastik, keruntuhan sektor, lahar, dan blok balistik adalah yang paling merusak dan berbahaya, abu vulkanik sejauh ini merupakan hasil letusan yang paling banyak didistribusikan.

Meskipun hujan abu jarang membahayakan kehidupan manusia secara langsung, ancaman terhadap kesehatan masyarakat dan gangguan terhadap layanan infrastruktur penting, penerbangan, dan produksi primer dapat menyebabkan dampak sosial yang signifikan. Bahkan letusan yang relatif kecil dapat menyebabkan gangguan, kerusakan, dan kerugian ekonomi yang meluas.

Dampak abu vulkanik tergantung pada jarak dari gunung berapi, sifat fisik abu, jumlah hujan abu, dan kesiapan masyarakat untuk merespon. Masyarakat di dekat gunung berapi memiliki resiko terbesar terkena hujan abu meskipun dapat menjadi masalah ratusan mil dari gunung berapi setelah letusan besar.

Abu vulkanik dapat menyebabkan iritasi mata dan saluran napas bagian atas. Hujan abu dapat menyebabkan kerusakan kecil hingga besar pada kendaraan dan bangunan, mencemari pasokan air, mengganggu saluran pembuangan dan sistem kelistrikan, dan merusak atau membunuh tumbuh-tumbuhan.

Setelah hujan abu, bandara yang terkena dampak harus ditutup sampai abu dihilangkan karena berbahaya bagi mesin jet. Abu vulkanik sangat sulit dibersihkan. Partikelnya yang kecil dan berukuran debu dapat memasuki hampir semua hal. Saat kering, abu dapat tertiup angin, menyebar ke dan mencemari daerah yang sebelumnya tidak terkena.

Sementara itu, abu basah mengikat permukaan seperti semen. Membersihkan abu vulkanik adalah prosedur yang mahal dan memakan waktu. Masyarakat harus melakukan upaya terkoordinasi untuk membuang abu sambil memastikan keamanan penghuninya.

sumber: NBS news

Tindakan yang Harus Dilakukan Sebelum, Selama, dan Setelah Erupsi

Sebelum Letusan: Pastikan bahwa kacamata keselamatan dan masker debu ada di dalam perlengkapan pasokan darurat di rumah, di tempat kerja, dan di dalam mobil. Kamu harus memiliki setidaknya satu set per orang.

Selama Erupsi:

• Tetap tenang.
• Kenakan kacamata pengaman dan masker debu. Menghirup abu bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.
• Tetap di dalam ruangan.
• Jika berada di luar, carilah tempat berlindung secepat mungkin.
• Jika kamu harus mengemudi, gunakan kecepatan rendah dan pastikan kamu memiliki banyak cairan pencuci kaca depan.
• Tempatkan handuk lembab di ambang pintu dan sumber angin lainnya.

Setelah Erupsi:

• Pantau terus sumber berita lokal terpercaya untuk pembaruan terkini.
• Ikuti instruksi dari pejabat setempat.
• Terus lindungi mata, mulut, dan hidung sampai abu mengendap dan dibersihkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai dampak abu vulkanik yang bisa menambah pengetahuan kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Erupsi Gunung Merapi, Hujan Abu Jatuh di Kabupaten Magelang