Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 04 April 2023 | 20:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para peneliti mengklaim bahwa sirkulasi terbalik laut Antartika, yang dikenal sebagai "jaringan arus yang membentang di lautan dunia" dan mempengaruhi iklim dan ekosistem laut sampai tingkat yang cukup besar, dapat melambat lebih dari 40 persen dalam 30 tahun ke depan "jika emisi karbon global berlanjut pada tingkat saat ini."

Dilansir dari Sputnik News, sebuah studi baru yang dikoordinasikan oleh Profesor Scientia Matthew England dari University of South Wales Sydney (UNSW Sydney) menunjukkan bahwa emisi karbon di dunia memiliki efek negatif pada proses yang melibatkan triliunan ton air laut dingin yang tenggelam di lepas pantai Antartika dan mendorong aliran sirkulasi terbalik.

Pencairan es Antartika menghasilkan perairan laut di dekat benua beku menjadi kurang padat, yang memperlambat sirkulasi Antartika yang menjungkirbalikkan.

"Pemodelan kami menunjukkan bahwa jika emisi karbon global berlanjut pada tingkat saat ini, maka penggulingan Antartika akan melambat lebih dari 40 persen dalam 30 tahun ke depan - dan pada lintasan yang terlihat menuju kehancuran," kata Inggris seperti dikutip dalam siaran pers oleh UNSW Sydney.

Prof. England memperingatkan tentang "kemungkinan kepunahan jangka panjang dari massa air ikonik" jika arus yang dimaksud runtuh.

"Perubahan besar seperti itu pada penggulingan panas, air tawar, oksigen, karbon, dan nutrisi laut akan memiliki dampak buruk yang signifikan terhadap lautan selama berabad-abad yang akan datang," tambahnya.

BACA SELANJUTNYA

Hanya 17 Persen Organisasi Asia Pasifik Telah Efektif Berinovasi