Jum'at, 21 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 06 April 2023 | 03:00 WIB

Hitekno.com - Sahur adalah waktu yang penting untuk mempersiapkan tubuh dan jiwa menghadapi ibadah puasa sepanjang hari.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan energi saat berpuasa adalah dengan mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

Berikut adalah lima buah-buahan yang bagus dimakan saat sahur menurut sains:

Ilustrasi pisau buah. (Pixabay/ moritz320)

1. Kurma

Kurma adalah buah yang sudah menjadi tradisi sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Kurma memiliki banyak manfaat, seperti mengandung serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan karbohidrat kompleks yang bisa memberikan energi secara bertahap dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kurma juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan, dan mencegah dehidrasi.

2. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung gula yang bisa cepat masuk dalam aliran darah dan menjadi sumber tenaga. Pisang juga merupakan sumber kalium yang sangat penting untuk semua fungsi sel dalam tubuh. Kalium bisa membantu fungsi otot dan saraf, serta mencegah kram dan kelelahan. Pisang juga mengandung vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pectin yang bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

3. Pepaya

Pepaya adalah buah yang terkenal dapat melancarkan pencernaan karena mengandung enzim papain. Enzim ini bisa membersihkan saluran pencernaan dan membantu imunitas secara umum. Pepaya juga mengandung banyak nutrisi, seperti beta karoten, vitamin C, vitamin E, cryptozanthin, carotenoid lain, antikarsinogenik, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini bisa membantu menjaga hidrasi tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, dan mencegah penyakit kronis.

4. Apel

Apel adalah buah yang mengandung serat tinggi yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa. Serat ini juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Apel juga mengandung pectin, sebuah jenis serat yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Apel juga menyegarkan mulut dan baik untuk gigi dan gusi. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari apel, sebaiknya makan apel tanpa dikupas atau dibuat jus tanpa dikupas.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak sehat yang baik untuk jantung dan otak. Lemak ini juga bisa membantu menyerap vitamin larut lemak dari makanan lain. Alpukat juga mengandung serat tinggi yang bisa membuat perut kenyang lebih lama dan mencegah sembelit. Alpukat juga kaya akan vitamin E, vitamin K, folat, kalium, magnesium, dan antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan kulit, tulang, darah, dan mata.

Itulah lima buah-buahan yang bagus dimakan saat sahur menurut sains. Buah-buahan ini bisa memberikan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk berpuasa dengan sehat dan bugar. Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup untuk menjaga hidrasi tubuh selama berpuasa.

BACA SELANJUTNYA

Apa Saja Macam Buah Iblis yang Ada di One Piece?