Sabtu, 15 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 10 April 2023 | 16:50 WIB

Hitekno.com - Ibnu Al Haitam adalah seorang ilmuwan Muslim yang hidup pada abad ke-10 Masehi.

Ia lahir di Basrah pada tahun 965 M dan meninggal di Kairo pada tahun 1040 M.

Al Haitam dikenal sebagai bapak optik karena kontribusinya yang luar biasa di bidang cahaya, penglihatan, dan alat optik.

Menurut berbagai sumber informasi, salah satu temuannya yang paling penting adalah hukum pemantulan dan pembiasan cahaya.

Ia juga menemukan bahwa cahaya berasal dari sumber cahaya dan tidak dari mata, seperti yang diyakini oleh orang-orang sebelumnya.

Selain itu, salah satu temuan Ibnu Al Haitam yang paling terkenal adalah camera obscura, yaitu alat yang dapat memproyeksikan bayangan benda-benda di luar ruangan ke dalam ruangan gelap melalui lubang kecil.

Camera obscura adalah cikal bakal kamera modern yang kita kenal sekarang. Ibnu Al Haitam menemukan bahwa semakin kecil lubangnya, semakin tajam bayangan yang dihasilkan.

Ilustrasi kamera pocket. (Pixabay/focus77)

Ibnu Al Haitam juga meneliti berbagai fenomena optik lainnya, seperti hukum refraksi, teori penglihatan manusia, sifat-sifat cermin dan lensa, warna-warna pelangi dan banyak lagi.

Ia menggunakan metode eksperimen ilmiah untuk membuktikan hipotesis-hipotesisnya dan menulis hasil penelitiannya dalam buku-buku yang sangat berpengaruh.

Karena itu, Ibnu Al Haitam dijuluki sebagai Bapak Optik oleh dunia. Ia merupakan salah satu tokoh Muslim yang menginspirasi banyak ilmuwan Barat dalam bidang optik dan sains lainnya. Kita patut bangga dan bersyukur atas kontribusi Ibnu Al Haitam dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

Ia juga menulis buku-buku penting tentang astronomi, matematika, fisika, dan filsafat. Ia adalah salah satu ilmuwan pertama yang menggunakan metode eksperimental dalam penelitiannya. Ibnu Al Haitam adalah seorang jenius yang menginspirasi banyak ilmuwan lain di masa depan.

BACA SELANJUTNYA

Kamera Andalan untuk Pemula, Cek Harga Canon EOS R100