Selasa, 23 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 23 April 2023 | 13:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apakah kamu pernah merasa pusing, mual, atau bahkan muntah saat bermain game FPS (first-person shooter) seperti Counter Strike dan semacamnya?

Jika ya, kamu mungkin mengalami motion sickness atau penyakit gerak.

Berbagai sumber informasi memaparkan bahwa motion sickness adalah kondisi di mana otak kita bingung karena adanya ketidaksesuaian antara apa yang kita lihat dan apa yang kita rasakan.

Saat bermain game FPS, mata kita melihat gambar yang bergerak seolah-olah kita sedang bergerak di dunia nyata, tetapi tubuh kita tetap diam.

Lucunya, hal ini menyebabkan otak kita mengira bahwa kita sedang keracunan atau mabuk, dan mencoba untuk mengeluarkan racun tersebut dengan memicu muntah.

Ilustrasi Call of Duty Mobile. (Activision)

Motion sickness bisa dialami oleh siapa saja, tetapi ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risikonya, seperti sensitivitas terhadap gerakan, kebiasaan bermain game, dan kualitas grafis game.

Untuk mengurangi gejala motion sickness saat bermain game FPS, ada beberapa tips yang bisa kamu coba, seperti bermain di ruangan yang terang dan berventilasi baik.

Selain itu bisa dicoba juga untuk mengatur jarak dan sudut pandang layar, mengambil istirahat secara berkala, dan mengonsumsi obat anti-mabuk jika perlu.

Dengan begitu, kamu bisa menikmati game FPS tanpa harus merasa mabuk.

BACA SELANJUTNYA

Early Access Nightingale Sudah Dibuka, Tersedia di Steam dan Epic Games Store