Senin, 27 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 27 April 2023 | 17:38 WIB

Hitekno.com - Berapa jarak Bumi ke Bulan saat ini? Jarak Bumi ke Bulan adalah salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Terlebih beberapa manusia pernah menginjakkan kakinya di satelit alami Bumi tersebut.

Bumi dan Bulan adalah dua objek astronomi yang terus-menerus berinteraksi satu sama lain, dan jarak di antara keduanya selalu berubah.

Namun, pada umumnya, jarak Bumi ke Bulan dapat dihitung secara rata-rata. Artikel ini akan menjelaskan jarak rata-rata Bumi ke Bulan serta beberapa faktor yang memengaruhi jarak tersebut.

Jarak Rata-rata Bumi ke Bulan

Menurut NASA, jarak rata-rata antara Bumi dan Bulan adalah sekitar 238.855 mil (384.400 kilometer). Jarak ini diukur dari pusat Bumi ke pusat Bulan.

Namun, jarak antara Bumi dan Bulan tidak selalu sama. Faktanya, jarak ini terus berubah karena orbit Bulan tidak selalu berbentuk lingkaran sempurna.

Selama perjalanannya di sekitar Bumi, Bulan mengikuti orbit elips. Hal ini menyebabkan jarak antara Bumi dan Bulan bervariasi sepanjang tahun. Jarak maksimum antara Bumi dan Bulan disebut apogee, sementara jarak minimum disebut perigee.

Menurut NASA, jarak maksimum antara Bumi dan Bulan dapat mencapai 252.088 mil (405.696 kilometer), sedangkan jarak minimum hanya sekitar 225.623 mil (363.104 kilometer).

Perbedaan antara jarak maksimum dan minimum ini adalah sekitar 26.465 mil (42.592 kilometer).

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jarak Bumi ke Bulan

Beberapa faktor dan fakta menarik yang memengaruhi jarak antara Bumi dan Bulan antara lain:

  • Pergerakan Bulan dan Bumi Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jarak antara Bumi dan Bulan terus berubah karena orbit Bulan yang elips dan pergerakan Bumi yang juga tidak stabil.
  • Gravitasi Gravitasi adalah salah satu kekuatan yang memengaruhi jarak antara Bumi dan Bulan. Seiring dengan gaya gravitasi, jarak antara Bumi dan Bulan dapat berubah selama perjalanannya di sekitar Bumi.
  • Gangguan dari Benda-benda Langit Lainnya Benda-benda langit seperti planet dan asteroid juga dapat memengaruhi jarak antara Bumi dan Bulan. Namun, pengaruh ini relatif kecil.

Itulah jawaban berapa jarak Bumi ke Bulan yang menurut NASA memang bisa berubah-ubah karena dampak beberapa faktor.

BACA SELANJUTNYA

Berapa Jarak Bumi ke Matahari dan Bagaimana Cara Mengukurnya?