Rabu, 29 November 2023
Agung Pratnyawan : Jum'at, 28 April 2023 | 06:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Di mana tempat terpanas di Bumi sampai saat ini? Ada sejumlah wilayah yang ternyata punya suhu panas tinggi, bahkan sulit untuk ditinggali manusia.

Suhu adalah salah satu parameter penting yang mengukur kondisi iklim di suatu wilayah. Karena suhu panas maupun dingin, akan berdampak pada kehidupan di tempat itu.

Setiap wilayah di Bumi memiliki suhu yang berbeda-beda tergantung dari berbagai faktor seperti letak geografis, elevasi, curah hujan, dan masih banyak faktor lainnya.

Berikut adalah beberapa lima tempat terpanas di Bumi berdasarkan data yang ada dirangkum dari Live Science:

Dasht-e Lut, Iran

Wilayah gurun Dasht-e Lut di Iran diketahui sebagai tempat terpanas di Bumi. Pada tahun 2005, satelit NASA mengukur suhu di wilayah ini mencapai 70,7 derajat Celsius.

Wilayah ini merupakan padang pasir dengan sedikit air dan vegetasi, serta memiliki cekungan berpasir yang dapat menampung dan memantulkan panas.

Wadi Halfa, Sudan

Wadi Halfa terletak di Sudan Utara dan dikelilingi oleh padang pasir Sahara. Wilayah ini terkenal dengan suhu yang sangat panas, bahkan pada malam hari sekalipun. Pada tahun 1967, suhu di wilayah ini tercatat mencapai 53,9 derajat Celsius.

Death Valley, California

Death Valley adalah sebuah lembah di California, Amerika Serikat yang dikenal dengan suhu panas yang ekstrem. Pada tahun 1913, suhu di wilayah ini tercatat mencapai 56,7 derajat Celsius, menjadi rekor suhu tertinggi yang pernah tercatat di Amerika Serikat.

Timbuktu, Mali

Timbuktu adalah sebuah kota di Mali, Afrika Barat, yang dikelilingi oleh padang pasir Sahara. Wilayah ini dikenal dengan suhu yang sangat panas, bahkan pada malam hari sekalipun. Pada tahun 2010, suhu di Timbuktu tercatat mencapai 54,5 derajat Celsius.

Kebili, Tunisia

Kebili adalah sebuah kota di Tunisia, Afrika Utara, yang terletak di kawasan Gurun Sahara. Pada tahun 1931, suhu di wilayah ini tercatat mencapai 55 derajat Celsius.

Itulah lima tempat terpanas di Bumi sampai saat ini, ternyata memang punya suhu tinggi bahkan sampai sulit ada kehidupan di sana.

BACA SELANJUTNYA

Info Gempa Bumi Terkini, Malam Ini, Magnitudo 6,1, Lokasi Barat Daya Pacitan, Tidak Berpotensi Tsunami