Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 28 April 2023 | 15:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berapa jarak Bumi ke Matahari yang diketahui? Bagaimana pula cara mengukur jarak antara Bumi dan Matahari yang diketahui? Simak penjelasan berikut yang dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

Matahari adalah pusat dari tata surya kita, dan bumi merupakan planet ketiga yang mengelilinginya. Namun, seberapa jauh jarak antara bumi dan matahari, dan bagaimana cara mengukurnya? Mari kita pelajari lebih lanjut.

Jarak antara bumi dan matahari dikenal sebagai satuan astronomi (AU), dan merupakan satuan ukuran yang paling sering digunakan dalam pengukuran jarak antar planet.

Berapa jarak Bumi ke Matahari berdasarkan hasi pengukuran? Menurut NASA, 1 AU adalah jarak rata-rata antara bumi dan matahari, yakni sekitar 149,6 juta kilometer (93 juta mil).

Cara Mengukur Jarak antara Bumi dan Matahari

Menurut Universe Today, terdapat beberapa cara untuk mengukur jarak antara bumi dan matahari. Salah satunya adalah dengan menggunakan trigonometri.

Ilmuwan dan NASA menggunakan metode ini untuk mengukur jarak antara bumi dan matahari dengan mengamati pergerakan bumi dan matahari dari bumi.

Ketika bumi berada di sisi yang berlawanan dari matahari dalam orbitnya, matahari terlihat pada titik terdekat di langit malam. Hal ini disebut sebagai "oposisi matahari".

Pada saat yang sama, ilmuwan juga mengamati gerakan paralaks, yakni perubahan posisi bintang-bintang di latar belakang matahari.

Dari sana, ilmuwan dapat menggunakan trigonometri untuk menghitung jarak antara bumi dan matahari. Metode ini dikenal sebagai "trigonometri paralaks". Namun, metode ini tidak selalu akurat karena atmosfer bumi dapat mempengaruhi pengamatan yang dilakukan.

Metode lain yang digunakan untuk mengukur jarak antara bumi dan matahari adalah dengan menggunakan satelit buatan. Satelit dapat digunakan untuk mengukur jarak antara bumi dan matahari dengan menggunakan sinyal radio yang dipancarkan dari satelit dan diterima di bumi. Metode ini dikenal sebagai "radar astronomi".

Dalam pengukuran jarak antara bumi dan matahari, satuan astronomi (AU) lebih sering digunakan daripada satuan kilometer atau mil. Hal ini disebabkan karena satuan astronomi lebih mudah dipahami dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang ukuran tata surya.

Itulah jawaban berapa jarak Bumi ke Matahari, lengkap punya dengan penjelasan bagaimana mengukur jarak antara Bumi dan Matahari.

BACA SELANJUTNYA

Sangking Teriknya, Pria di Depok Goreng Telur Pakai Panas Matahari