Senin, 27 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 04 Mei 2023 | 15:07 WIB

Hitekno.com - Gerhana Bulan penumbra akan terjadi pada Mei 2023 ini. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG, fenomena alam tersebut akan menghiasi langit Indonesia.

Namun kapan Gerhana Bulan penumbra terjadi dan bisa terlihat di langit dari Indonesia? Berikut penjelasan BMKG soal fenomana alam tersebut.

Gerhana bulan jarang terjadi, terutama fenomena Gerhana Bulan Penumbra yang terjadi karena cahaya Matahari terhalangi oleh Bumi, sehingga cahaya matahari tak bisa mencapai Bulan secara keseluruhan. Lantas, kapan gerhana bulan penumbra akan terjadi? 

Gerhana bulan penumbra akan terjadi pada tanggal 5 dan 6 Mei 2023. Perkiraan waktu kejadiannya dalam zona waktu WIB adalah jam 10 malam sampai jam 2 pagi dengan titik puncak gerhana bulan penumbra terjadi jam 12 malam. 

Adapun fase gerhana bulan penumbra dapat diamati dengan pembagian sesuai zona waktu. Untuk melihat fase awal gerhana bulan penumbra sampai fase akhirnya, silahkan sesuaikan dengan zona waktu masing-masing.

Berdasarkan BMKG berikut jadwal gerhana bulan penumbra dan waktu yang tepat untuk mengamati fase awal sampai akhir gerhana bulan Penumbra.

Fase awal Gerhana Bulan Penumbra 

  • Waktu Indonesia Barat: 22.12 WIB 
  • Waktu Indonesia Tengah: 23.12 WITA 
  • Waktu Indonesia Timur: 00.12 WIT (6 Mei 2023-dini hari)

Puncak Gerhana Bulan Penumbra 

  • Waktu Indonesia Barat: 00.22 WIB (6 Mei 2023-dini hari) 
  • Waktu Indonesia Tengah: 01.22 WITA (6 Mei 2023-dini hari) 
  • Waktu Indonesia Timur: 02.22 WIT (6 Mei 2023-dini hari)

Fase akhir Gerhana Bulan Penumbra 

  • Waktu Indonesia Barat: 02.33 WIB 
  • Waktu Indonesia Tengah: 03.33 WITA 
  • Waktu Indonesia Timur: 04.33 WIT

Lokasi gerhana bulan penumbra

Selain kapan gerhana bulan penumbra akan terjadi yang menarik perhatian, lokasi di mana kita bisa mengamati gerhana bulan penumbra pun penting untuk dicari tahu. Apakah di semua tempatbisa melihatnya?

Nyatanya tak hanya di Indonesia saja kita bisa melihat gerhana bulan Penumbra pada 5 Mei sampai 6 Mei 2023 ini. Melainkan, negara-negara di Asia, Australia, Afrika, dan Rusia juga bisa melihatnya. 

Seperti apa gerhana bulan penumbra?

Pada saat gerhana bulan penumbra terjadi, akan tampak bayangan berbentuk kerucut di sekitar bulan akibat dari Bumi menghalangi cahaya Matahari sampai ke bulan. Puncak kejadiannya adalah ketika posisi Bulan, Matahari, dan Bumi tidak sejajar.

Oleh karenanya cahaya matahari akan terhalang ke bulan dan cahaya bulan yang sampai ke bumi pun semakin sedikit atau samar-samar. Oleh karena bulan berada di bayangan luar bumi yang samar-samar, maka disebut gerhana bulan penumbra. 

Demikian itu penjelasan BMKG kapan fenomena alam Gerhana Bulan penumbra  akan terjadi. Semoga bermanfaat. (Suara.com/ Mutaya Saroh)

BACA SELANJUTNYA

16 Kode Redeem FF 30 Mei 2023 Terbaru, Langsung Klaim Hadiahnya