Kamis, 28 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 12 Mei 2023 | 15:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para peneliti berhasil menemukan mikroba yang mampu memecah limbah plastik tanpa memerlukan suhu tinggi. Penemuan ini dianggap sebagai langkah awal yang menjanjikan dalam mengatasi masalah sampah plastik yang semakin menjadi-jadi di seluruh dunia. Mikroba tersebut ditemukan di daerah kutub Arktik dan Alpen Swiss.

Selama ini, mikroba pengurai sampah plastik memerlukan suhu tinggi yang membutuhkan biaya dan energi yang tinggi. Namun, penemuan mikroba di daerah kutub yang mampu menguraikan sampah plastik pada suhu rendah sampai sedang bisa menjadi solusi dalam mengatasi masalah sampah plastik industri di tempat pembuangan akhir sampah yang menimbulkan kerusakan ekologis yang besar.

Dilansir dari Gizmochina, dua strain jamur yang diuji coba yaitu Neodevriesia dan Lachnellula, menunjukkan hasil yang paling baik dalam mendaur ulang sampah plastik. Kedua jamur ini mampu memecah hampir semua jenis plastik kecuali polyethylene (PE), yang masih menjadi tantangan bagi metode saat ini.

Keberhasilan jamur tersebut dalam mendaur ulang plastik biodegradable, seperti polyester-polyurethane (PUR), dan campuran polibutilena adipat tereftalat (PBAT) dan polylactic acid (PLA) yang tersedia secara komersial, memberikan harapan besar untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

Para peneliti percaya bahwa kemampuan mikroba tersebut untuk menguraikan plastik kemungkinan dipengaruhi oleh adaptasi alaminya untuk memecah cutin, lapisan pelindung yang ditemukan pada tumbuhan yang memiliki kesamaan dengan polimer plastik.

Sampah mikroplastik ditemukan di pasir pantai pulau terpencil. (University of Tasmania/ Dr. Jennifer Lavers)

Koneksi yang tak terduga ini antara mikroba dan polimer cutin tanaman membuka jalan bagi enzim mereka untuk menargetkan polimer plastik, memberikan titik awal untuk eksplorasi dan inovasi dalam pengelolaan sampah plastik.

Penemuan ini baru permulaan dalam mengatasi masalah sampah plastik, tetapi menandakan pencapaian yang signifikan dalam upaya melawan polusi plastik.

Penelitian dan pengembangan selanjutnya penting untuk mengoptimalkan efisiensi dalam mendaur ulang sampah plastik dan mengembangkan solusi yang bisa diterapkan dalam skala industri.

Dengan mengutamakan pendekatan inovatif dalam pengelolaan sampah plastik, kita dapat membayangkan masa depan di mana polusi plastik menjadi masa lalu, menjaga kesehatan planet kita untuk generasi yang akan datang.

BACA SELANJUTNYA

Pertama di Dunia, Ilmuwan Berhasil Ciptakan Transistor dari Kayu