Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 27 Juni 2023 | 16:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para ilmuwan internasional baru-baru ini menemukan sebuah bintang cokelat yang mengeluarkan panas jauh melebihi panas yang dipancarkan oleh matahari.

Terletak 1.400 tahun cahaya dari Bumi, bintang cokelat ini kemudian diberi nama WD0032-317B. Penemuan ini dilakukan oleh tim yang dipimpin oleh ahli astrofisika Na'ama Hallakoun dari Weizmann Institute of Science di Israel.

Dilansir dari Sputnik News, bintang cokelat ini memiliki orbit yang sangat dekat dengan bintang tuannya, sehingga mempertahankan suhu di atas 8.000 Kelvin (7.727 derajat Celsius, atau 13.940 derajat Fahrenheit), yang disebut "sangat panas sehingga dapat memecah molekul di atmosfernya menjadi atom-atom penyusunnya." Sebagai perbandingan, suhu matahari adalah 5.778 Kelvin.

Sebelumnya, NASA, badan antariksa Amerika Serikat, telah menggambarkan bintang cokelat sebagai bintang kecil dan rendah massa yang "gagal" dan menjadi "hubungan hilang antara planet gas raksasa."

Benda langit ini seringkali sulit untuk diamati karena memancarkan cahaya dan energi yang rendah; bahkan, mereka hampir tidak terdeteksi sampai akhir tahun 1980-an.

Yang membuat bintang cokelat ini lebih menarik adalah meskipun bintang cokelat biasanya lebih panas daripada planet, para pejabat mengatakan bahwa biasanya mereka lebih dingin daripada bintang katai merah terdingin, karena tidak dapat mencapai suhu panas dengan sendirinya.

Selain penemuan menarik dari objek yang sangat panas ini, tim astronom juga menyatakan bahwa bintang cokelat ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang planet Jupiter, serta planet gas lainnya yang mengorbit bintang panas dan besar yang sulit untuk diteliti secara terpisah karena aktivitas dan kecepatan rotasi bintang-bintang tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Link Nonton Bumi Manusia, Iqbaal Ramadhan Jadi Siswa Sekolah Elit di Era Kolonial