Sabtu, 20 April 2024
Rendy Adrikni Sadikin | Amelia Prisilia : Rabu, 02 Mei 2018 | 16:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pemanfaatan teknologi Virtual Reality memang sedang ramai disematkan dalam industri game dan simulator.

Virtual Reality sendiri adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan simulasi terhadap satu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu memberikan sensasi tiga dimensi (3D).

Sensasi tiga dimensi (3D) ini yang akan membuat pemain merasa seolah-olah terlibat secara fisik.

Dalam dunia virtual reality, pengguna akan merasakan berada dalam sebuah ruang 360 derajat yang mampu menipu indra kita dan memberikan perasaan bahwa hal tersebut adalah nyata.

Untuk memberikan kesan nyata yang semakin kental, virtual reality memerlukan beberapa peralatan, diantaranya glove, walker, dan headset.

Glove adalah sarung tangan yang mampu menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality.

Walker merupakan peralatan yang digunakan untuk menangkap gerakan kaki. Gerakan kaki ini untuk memberikan sensasi seperti melangkah dalam dunia nyata.

Sedangkan Headset adalah peranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. sekaligus memberikan pandangan lingkungan yang semu kepada pengguna seolah berada di dunia nyata.

Untuk mendapat sensasi VR yang oke, kamu perlu melengkapkan diri dengan perangkat pendukung di atas. Namun jangan sembarang memilih agar tidak kecewa.

Salah satu dari 3 perangkat di atas yang penting adalah Headset.

Sekarang ini, banyak pilihan headset di pasaran. Banyaknya pilihan headset tentu akan membuat kamu semakin pusing.

Khusus untuk kamu, tim HiTekno berikan tips dan trik dalam memilih headset yang tepat. Dijamin permainan VR kamu akan semakin terasa real.

Simak ya.

Kabel atau Tanpa Kabel

Sumber foto: Irish News

Perbedaan dari keduanya memang jelas terlihat dari penampilannya, namun dalam penggunaanya tidak jauh berbeda.

Headset tanpa kabel memang memungkinkan lebih banyak gerakan dan tidak banyak memberikan lag saat digunakan jika dibandingkan dengan Headset berkabel.

Sumber foto: Extreme Tech

Perangkat tanpa kabel tentu tidak akan membatasi gerak kamu dengan kabel atau tali.

Ingin yang dengan kabel atau tanpa kabel, bisa menyesuaikan dengan selera dan keinginanmu ya.

Desain VR

Sumber foto: Investor Place

Soal tampilan, bukan hanya soal bagaimana perangkat itu terlihat keren atau bagus saat dipandang, namun juga mengenai bagaimana perangkat VR nyaman atau tidak saat digunakan.

Nyaman atau tidaknya perangkat tersebut merupakan hal yang penting, mengingat kamu akan menggunakannya dalam waktu yang lama.

Jangan sampai, VR pilihan kamu malah memberikan rasa sakit saat kamu gunakan.

Display VR

Sumber foto: Shutter Stock

Kamu tidak akan bisa merasakan benar rasanya ada di dunia lain ketika perangkat yang kamu gunakan malah memberikan gambar blur atau grafis yang tidak jelas.

Jadi, semakin baik display VR kamu akan semakin baik juga pengalaman kamu mencoba VR.

Ada beberapa tipe VR yang langsung menyediakan layar display untuk kamu, namun ada juga yang membutuhkan smartphone kamu sebagai layar display.

Ketiga tips di atas memang terlihat simpel, namun harus benar-benar teliti saat memilih perangkat Headset yang tepat ya.

Jangan sampai nantinya kamu akan kecewa.

Hitekno.com/Amelia Prisilia

BACA SELANJUTNYA

Among Us VR Siap Rilis Bulan Depan, Catat Tanggalnya