Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 30 Mei 2018 | 11:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Mau Mudik tapi bingung mau tetap pakai kartu yang lama atau ganti operator lain? Ketika kita mudik atau liburan, kita tidak tahu apakah sinyal operator yang kita pakai kuat atau tidak di daerah yang kita tuju.

Aplikasi ini bisa kita gunakan agar kita tidak perlu membeli paket data yang mahal dulu sebelum tahu kualitas sinyal di daerah tertentu. Pasti tidak mau kan kita sudah beli paket internet tapi setelah sampai, ternyata malah tidak ada sinyal.

OpenSignal termasuk aplikasi yang tidak terlalu besar, hanya dibutuhkan 3,4 MB saja untuk pertama kali download. Aplikasi ini termasuk aplikasi yang sangat populer karena sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.

Sebelum menggunakan OpenSignal kita harus mengaktifkan dulu fitur Location di perangkat android kita.

Terdapat beberapa fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya, salah satu yang terbaik adalah fitur NetworkRank.

Fitur tersebut akan membandingkan dan menampilkan operator terbaik yang ada di suatu daerah.

Sumber Foto: OpenSignal

Klik menu "Jangkauan" pada pojok kanan bawah makan akan tampil fitur perbandingan. Pada tampilan kanan atas kita bisa memilih sinyal apa yang ingin kita cari.

Jika HP kita tidak support 4G kita bisa memilih 2G/3G saja. Jika sudah support 4G maka kita memilih menu 2G/3G/4G.

Sumber Foto: OpenSignal

Setelah preferensi sinyal telah kita pilih maka selanjutnya klik "Bandingkan Performa".

Tim HiTekno memilih lokasi Stadion Mandala Krida Yogyakarta, maka setelah klik "Bandingkan Performa" terlihat lokasi tersebut yang memiliki 3 performa tercepat yaitu Telkomsel (11.80 Mbps), Smartfren (11,7 Mbps), dan XL (7,44) Mbps.

Dengan adanya data itu, maka disarankan ketika mudik atau liburan di daerah tersebut dalam waktu yang lama maka 3 operator tersebut bisa dipilih.

Selamat Mencoba!

Hitekno.com/Rezza Dwi Rachmanta

BACA SELANJUTNYA

Kalahkan Korea Selatan, AS Jadi yang Terkencang dalam Jaringan 5G