Jum'at, 26 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 11 Juli 2018 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah beberapa waktu lalu muncul banyak bocoran mengenai Microsoft Surface Go, kini perangkat tersebut resmi meluncur. Perangkat ini muncul setelah beberapa jam sebelumnya sempat muncul teaser yang beredar di Twitter.

Microsoft Surface Go adalah tablet 10 inci murah yang dirancang sebagai perangkat Surface Pro dengan desain yang lebih kecil.

Ketebalannya hanya 8.3 mm dan berat yang mencapi 520 g. Surface Go nampaknya akan memperebutkan target yang sama dengan iPad yaitu mengincar pasar peserta didik baik siswa maupun mahasiswa.

Perbandingan Surface Go dan Surface Pro 
(Sumber: The Verge)

Microsoft lebih baik dalam mencari celah karena menempatkan perangkatnya dengan harga yang lebih murah. Surface Go berjalan dengan prosesor Intel Pentium Gold 4415Y, dan hadir dengan dua konfigurasi memori yang berbeda.

Dikutip dari Techradar, perangkat pertama akan datang dengan RAM 4 GB dan memori internal sebesar 64 GB. Surface Go versi pertama dijual dengan harga $ 399 atau Rp 5,7 juta.

Sumber: The Register

Perangkat versi kedua datang dengan harga yang lebih mahal yaitu sekitar $ 549 atau Rp 7,9 juta. Harga itu nampaknya sepadan dengan spesifikasi perang tersebut yang lebih tinggi dari versi pertama. Suface Go edisi yang lebih tinggi didukung dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB.

Microsoft menghadirkan Pen Surface Stylus dan didukung teknologi yang dapat memindai 4096 tingkat tekanan yang berbada. Rasio layar Surface Go sebesar 3:2 yang berarti masih sama dengan perangkat Surface lainnya. Resolusi yang ditawarkan sebesar 1800 x 1200.

(Sumber: Youtube.com/ Microsoft Surface)

Microsoft mengklaim bahwa perangkat terbarunya dapat bertahan selama 9 jam berkat efisiensi prosesor Pentium Gold yang dipasangkan dengan Windows 10S.

Konektor yang tersedia untuk mengisi ulang perangkat dan menghubungkan periferal lainnya dapat menggunakan Surface Connector atau USB-C 3.1.

Microsof Surface Go tersedia secara pre-order untuk pasar Amerika Serikat dan Selandia Baru di bulan Agustus. Terkait ketersediaan secara global masih harus menunggu informasi lebih lanjut dari Microsoft.

BACA SELANJUTNYA

iPhone 14 Belum Lama Beredar, Bocoran Spek Penerusnya Mulai Bocor