Jum'at, 04 Desember 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 19 Juli 2018 | 17:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sudah menonton film animasi Batman Ninja? Film keren buatan Warner Bros dan DC ini dibuat dengan software animasi bernama OpenToonz.

Film Batman Ninja sendiri menyuguhkan tampilan 2 dimensi (2D) namun dengan perpaduan gaya khas Anime Jepang dan karakter komik DC.

Dalam pembuatannya, Batman Ninja menggunakan software OpenToonz. Software animasi ini ternyata berlisensi open source.

Awalnya, software ini dikembangkan oleh Digital Video S.pA di Italia dengan nama Toonz. Lalu dipegang Dwango dan distribusikan sebagai software open source.

Dengan lisensi open source ini, setiap orang yang menggunakannya memiliki akses ke source code. Sehingga bisa melakukan modifikasi sendiri.

Di OpenToonz ini mendapatkan beberapa fitur dan fungsi yang dimodifikasi oleh Studio Ghibli. Seperti diketahui Studio Ghibli telah lama memakai Toonz.

Poster Batman Ninja

 

Dalam mengembangkan OpenToonz, Dwango memberikan sejumlah efek visual. Termasuk memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Batman Ninja sendiri sebenarnya menggunakan animasi 3 dimensi (3D). Namun beberapa adegan di dalamnya memakai animasi 2D.

Software inilah yang digunakan untuk memproses stroke, komposisi efek, dan sinematografi seperti pergerakan kamera.

Batman Ninja gunakan OpenToonz

 

Dipilihnya OpenToonz karena memproses gambar dengan format khusus yang menjaga informasi halftone.

Cara ini bisa menampilkan coretan pensil dan garis samar secara alami. Sehingga gambar tetap nampak seperti goresan tangan asli.

OpenToonz juga menggunakan sistem palet yang memungkinkan pengguna untuk bekerja secara fleksibel.

Misalnya, sinematografi dalam dilakukan sebelum proses pewarnaan. Atau mengubah spesifikasi warna tanpa harus kembali ke proses finishing.

Selain digunakan untuk Batman Ninja, OpenToonz juga digunakan untuk beberapa film animasi lainnya. Seperti Mary and The Witch’s Flower yang dibuat oleh Studio Ponoc.

Spesifikasi PC untuk OpenToonz

 

Jika kamu tertarik membuat film animasi seperti Batman Ninja, bisa menggunakan software animasi OpenToonz ini. Langsung saja ke https://opentoonz.github.io/e/ semua informasi tersedia di sana.

BACA SELANJUTNYA

Sutradara Animasi Tom and Jerry Meninggal, Ini Deretan Karya Legendarisnya