Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 26 Juli 2018 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika kemarin ramai Video Assistant Reeferees (VAR) di gelaran Piala Dunia 2018, kini muncul teknologi baru. Teknologi Ref Cam yang menghadirkan sensasi berbeda saat menonton sepak bola.

Teknologi ini kali pertama dirilis oleh Major League Soccer (MLS) setahun lalu. Dengan tujuan memberikan perspektif berbeda dalam menikmati indahnya seluk beluk sepak bola, sebuah kamera mungil dipasang ke tubuh wasit.

Seperti dilansir dari rt.com, teknologi ini diuji coba ketika Real Madrid melakoni laga pra musim menghadapi tim MLS All-Star pada 3 Agustus 2017 lalu.

Teknologi Ref Cam [YouTube/Major League Soccer]

Wasit Allen Chapman yang memimpin pertandingan mengenakan kamera tubuh sepanjang laga yang digelar di Soldier Field, Chicago. Dalam pertandingan itu, Real Madrid akhirnya menang 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal.

Dirilis lewat YouTube MLS, dalam klip yang berdurasi tiga menit itu memberikan sensasi menonton sepak bola dari sudut yang benar-benar berbeda dan menakjubkan. Tidak hanya gol dan momen terbaik, tetapi juga insiden besar permainan seolah hadir di depan mata penonton.

Ketika Chapman menolak banding penalti dari Real Madrid, gelandang Toni Kroos dan pemain sayap Lucas Vazquez terlihat tengah berinteraksi dengan penonton.

Mereka yang di Amerika menonton pertandingan langsung di Fox bahkan diberi pilihan untuk menonton pertandingan langsung dari kamera itu sendiri.

Ref Cam sebelumnya telah digunakan sebagai bagian dari siaran reguler rugby union di Inggris dan juga digunakan ketika tim MLS All Star bermain menghadapi AS Roma pada tahun 2013.

Teknologi Ref Cam tersebut sejatinya hasil eksperimen yang dibuat FOX Sports Lab. Semangatnya terutama untuk memberikan sensasi lain dalam menyaksikan sebuah pertandingan di lapangan.

Meski masih memerlukan sejumlah perbaikan, pihak FOX Sports Lab meyakini penggunaan teknologi semacam itu di masa depan akan segera jadi kebutuhan utama.

"Saya pikir penggunaan teknologi itu akan menjadi hal yang besar bagi kita di masa depan," kata Wakil Senior Bidang Senior Bidang Teknik, Wakil Bidang Kerja & Teknis, Michael Daviers.

Tulisan mengenai teknologi Ref Cam ini sudah dimuat di Botatimes.com dengan judul Merasakan Sensasi Nonton Sepak Bola dengan Teknologi Ref Cam.

BACA SELANJUTNYA

Daftar Karakter Anime Blue Lock dengan Pengisi Suara, Lengkap Terbaru