Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 28 Juli 2018 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa jadinya jika Apple dan Qualcomm bertikai? Padahal biasanya dua perusahaan ini bekerjasama dalam meracik gadget. Dan kini mereka sedang bertikai.

Saat ini, perseteruan royalti antara Apple dan Qualcomm kian menjadi-jadi. Dalam pertemuan dengan investor, George Davis, CFO Qualcomm mengatakan, Apple kemungkinan besar tidak akan menggunakan chip modem produk mereka untuk iPhone seri terbaru.

"Kami percaya Apple hanya menggunakan modem kompetitor kami, daripada modem kami untuk iPhone berikutnya," kata Davis.

Sumber: BGR India

Kendati tidak menjelaskan kompetitor yang dimaksud, besar kemungkinan yang dimaksud Davis adalah Intel. Produsen chip itu juga sudah menyediakan chip bagi Apple selama beberapa tahun belakangan.

Walaupun berpotensi membuat rugi perusahaan, Presiden Qualcom Cristiano Amon tetap optimis dengan keadaan ini

"Kami tetap percaya dengan keunggulan modem kami dan kami akan terus berinvestasi di sektor ini," tuturnya.

Sebagai informasi, perseteruan Apple dan Qualcomm sudah berlangsung selama setahun terakhir. Masalah bermula ketika FTC menuduh Qualcomm memaksa Apple untuk menggunakan chip miliknya.

Kondisi semakin memanas, ketika Apple kemudian mengajukan gugatan 1 miliar dolar AS untuk masalah ini. Langkah ini direspon Qualcomm dengan mengajukan larangan impor bagi iPhone di Amerika Serikat.

Kalau sudah begini, perlindungan terhadap konsumen perlu dinomorsatukan. Artinya kualitas produk mesti dijaga, tak peduli ada kendala besar di belakang layar.

Tulisan mengenai perseteruan Apple dan Qualcomm ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Miris : Dua Produsen Gawai Bertikai.

BACA SELANJUTNYA

Update Harga iPhone 11 Pro Max Juni 2023, Apakah Masih Layak Beli?