Jum'at, 26 April 2024
Tinwarotul Fatonah | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 20 Agustus 2018 | 09:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah Apple store yang terletak di Amsterdam terpaksa dievakuasi untuk sementara karena terdapat sebuah insiden. Baterai iPad meledak dan melepaskan sejumlah zat berbahaya yang dapat mengancam keselamatan pengunjung.

Setelah kejadian tersebut dikabarkan seorang karyawan Apple Store langsung mengamankan iPad dan baterai yang meledak di dalam tempat berisi pasir.

Dilansir dari Ubergizmo, tiga orang karyawan diketahui mengalami kesulitan bernapas setelah kejadian pada hari Minggu lalu (19/08/2018). Mereka langsung diberikan pertolongan pertama oleh petugas medis yang datang bersama dengan pemadam kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran kemudian membuka seluruh ventilasi yang ada di dalam toko untuk mengeluarkan uap berbahaya. Apple Store tersebut sempat ditutup untuk sementara waktu.

Ilustrasi iPad meledak. (MobileHardwareGuy)

Tindakan itu dilakukan untuk memastikan karyawan dan pengunjung tidak mengalami gangguan pernapasan. Seperti yang telah diketahui bahwa baterai di dalam iPad mengandung zat berbahaya dan berpotensi terhirup jika ruangan dalam kondisi tertutup.

Juru bicara dinas pemadam kebakaran setempat mengatakan bahwa tidak ada yang terluka parah dalam insiden tersebut. Tiga orang karyawan yang kesulitan bernapas kemungkinan terkena iritasi dan sudah mendapatkan pertolongan pertama.

Kejadian ini bukan pertama kalinya terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Kejadian serupa yang melibatkan ledakan iPhone juga pernah terjadi di Apple Store Swiss dan Spanyol.

Peristiwa yang terjadi pada awal tahun 2018 itu untungnya tidak memakan korban yang menderita luka berat.

Namun beberapa karyawan dikabarkan menderita luka bakar ringan.

Bagi pengguna yang mencoba mengganti baterai iPhone yang gembung atau membengkak, dihimbau untuk mengunjungi Apple Store terdekat. Baterai lithium-ion di dalamnya sangat rentan meledak apabila terlalu panas atau terkena tekanan berlebihan oleh benda tumpul.

Baterai iPad meledak di Amsterdam membuat kita harus waspada karena terkadang karyawan atau bahkan pengguna bisa mengalami kecelakaan akibat kurang berhati-hati.

BACA SELANJUTNYA

Siapkan iPhone Lipat, Apple Patenkan Layar Self Healing