Selasa, 26 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 20 Agustus 2018 | 20:00 WIB

Hitekno.com - Ponsel biasa model lama atau feature phone sudah semakin tergurus dari kehadiran smartphone. Namun apakah benar demikian? Ternyata tidak.

Beberapa orang justru melangkah mundur ke masa lalu dengan mengganti smartphone mereka dengan model lama yang lebih mendasar seperti feature phone.

Hal ini terungkap dari sebuah riset yang baru-baru ini dilakukan dengan rata-rata orang memeriksa ponsel pintarnya setiap 12 menit. Menariknya, terjadi peningkatan pada penjualan feature phone beberapa waktu belakangan ini.

Ponsel yang hanya digunakan melakukan dan menerima panggilan serta tidak memiliki konektivitas internet.

Sementara penjualan smartphone secara global meningkat 2 persen pada tahun lalu, penjualan feature phone justru meningkat 5 persen.

Dari studi tersebut, Mary Erskine dari Twickenham adalah salah satu pelanggan yang memilih feature phone untuk melarikan diri dari kesibukannya mengakses media sosial.

Nokia/CNET

"Aku hanya membenci kenyataan bahwa aku selalu melakukannya. Kata teman saya tempo hari, 'Anda memeriksanya 150 kali sehari'. Anda selalu di halaman Facebook dan Instagram dalam segala hal. Dan semakin Anda melakukannya, semakin Anda merasa perlu melakukannya, ujar Erskine.

Dia menambahkan, (Beralih ke feature phone) tidak membuatnya kehilangan segalanya karena memiliki iPad, tetapi lebih pada pilihan.

"Jika saya ingin keluar hanya dengan feature phone, maka Anda dapat membuat pilihan dan memiliki hari tanpa semua kebisingan dari semua pemberitahuan dan aplikasi," bebernya.

Dr Daria Kuss, seorang psikolog telah mempelajari penggunaan smartphone secara kompulsif, percaya beberapa penggunanya mengalami kecanduan pada ponsel pintar mereka.

Xiaomi Qin - Ponsel 4G murah. (GSMArena).

"Mereka mungkin sadar bahwa mereka menggunakannya terlalu banyak tetapi mereka tidak dapat menghentikan diri mereka sendiri," katanya.

"Mereka mungkin takut kehilangan apa pun yang mungkin terjadi pada saluran media sosial mereka menjadi salah satu alasan mengapa mereka menggunakannya secara kompulsif dan ini dapat menyebabkan gejala yang telah dikaitkan dengan kecanduan seperti penarikan, keasyikan dan kehilangan kontrol," tutur Kuss lagi.

Penelitian oleh Ofcom menemukan 78 persen terhadap orang Inggris, mengatakan mereka tidak bisa hidup tanpa smartphone mereka. Sementara rata-rata pengguna menghabiskan 2 jam 28 menit online pada mereka sehari, naik menjadi 3 jam 14 menit di antara 18 hingga 24 tahun.

Apa Anda berani mencoba menukarkan ponsel pintar dengan feature phone? 

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Feature Phone Kembali Diburu, Ada Apa?.