Senin, 30 Maret 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 27 Agustus 2018 | 06:00 WIB

Hitekno.com - Samsung mulai memasarkan smartphone flagshipnya, Samsung Galaxy Note 9 di Indonesia pada Jumat (24/8/2018). Salah satu fitur unik dari Samsung Galaxy Note 9 ini adalah S Pen.

Jo Semidang, Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, mengatakan S Pen di Samsung Galaxy Note 9 tidak hanya bisa digunakan untuk menulis dan menggambar.

"S Pen di Note 9 sangatlah unik, karena bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi," jelas Jo kepada awak media di Jakarta.

Fungsi-fungsi baru S Pen Samsung Galaxy Note 9 antara lain untuk memotret, mengakses galeri foto, membuka YouTube, dan presentasi.

Seorang pramuniaga sedang memamerkan Samsung Galaxy Note 9 di Jakarta, Jumat. [Suara.com/Aditya Gema Pratomo]

Untuk memotret, pengguna dapat menekan tombol S Pen sekali untuk membuka aplikasi kamera. Jika ditekan dua kali, S Pen akan berganti dari kamera belakang ke kamera depan.

Saat sedang membuka YouTube, pengguna dapat menekan tombol S Pen untuk memutar atau berganti video. Sementara untuk presentasi, S Pen dapat digunakan untuk memilih slide.

Dari sisi dapur pacunya, S Pen di Samsung Galaxy Note 9 menggunakan teknologi bluetooth low energy (BLE), sehingga tidak banyak mengonsumsi banyak daya.

"S Pen akan melakukan charging otomatis ketika dimasukkan ke Samsung Galaxy Note 9. Waktu charging kurang dari 40 detik," kata Jo.

Samsung Galaxy Note 9 dibanderol mulai Rp 13.449.000 untuk RAM 6 GB dan 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 512 GB dijual seharga Rp 17.999.000.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul S Pen Pada Samsung Galaxy Note 9 Punya Banyak Fungsi.