Sabtu, 04 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 29 Agustus 2018 | 06:00 WIB

Hitekno.com - Harga Pocophone F1 yang murah sangat menarik perhatian. Namun dengan harga segitu apakah dapat spesifikasi seperti itu? Pasti ada seuatu yang dipangkas di belakangnya.

Pocophone F1, smartphone pertama dari Pocophone, akan mulai dijual di Tanah Air pada 30 Agustus mendatang dan ponsel pintar pertama dari anak usaha Xiaomi itu mengejutkan pasar karena menjual gawai itu dengan harga relatif lebih murah.

Dijual di rentang harga Rp 4,5 juta hingga Rp 5,2 juta, Pocophone F1 menjadi buah bibir karena sudah dipacu prosesor paling mutakhir Snapdragon 845.

Head of Pocophone Global, Alvin Tse, di sela-sela peluncurkan Pocophone F1 di Jakarta, Senin (27/8/2018), mengatakan ponsel itu dijual dengan harga lebih murah karena ada beberapa fitur yang dihilangkan.

"Kami memegang prinsip untuk membuat ponsel dengan fitur yang diperlukan konsumen. Sebab, terlalu banyak fitur tak bermanfaat dapat meningkatkan ongkos produksi," kata Alvin.

Salah satu fitur yang dihilangkan adalah near field communication (NFC), yang lazim digunakan untuk melakukan pengiriman data nirkabel jarak dekat atau untuk pembayaran nontunai.

Ponsel Pocophone F1 diluncurkan di Jakarta, Senin (27/8). (Suara.com/Aditya Gema Pratomo)

Selain NFC, berdasarkan penelusuran Suara.com, ada beberapa fitur standar lain yang absen di Pocophone F1. Berikut jabaran beberapa di antaranya:

Material polikarbonat

Berbeda dengan para pesaing di kelas menengah yang bodinya sudah dibalut logam dan kaca, Pocophone F1 masih berbodi plastik polikarbonat.

Dengan bodi plastik, Pocophone F1 memang terlihat dan terasa lebih ringkih dalam genggaman. Tetapi Alvin mengklaim, material itu memiliki durabilitas lebih tinggi.

Optical image stabilization

Kamera belakang Pocophone F1 menggunakan sensor berukuran 12 MP dan 5 MP. Sayangnya, kombinasi kamera tersebut tidak dibekali oleh fitur optical image stabilization (OIS) yang berfungsi untuk meredam getaran saat foto diambil.

OIS sangat bermanfaat bagi pengguna yang menginginkan objek foto berkualitas baik dan tidak buram.

Panel IPS dan Corning Gorilla Glass

Pocophone F1 masih menggunakan layar IPS yang sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass. Meski demikian, Pocophone tak menjabarkan Corning Gorilla Glass seri berapa yang digunakan dan beberapa analis menduga gawai itu menggunakan seri 4 - bukan seri 5 yang terbaru - untuk menekan harga.

Tulisan mengenai harga Pocophone F1 yang mura ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Ini Fitur-fitur yang Dipangkas agar Pocophone F1 Lebih Murah.

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini