Kamis, 25 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Senin, 03 September 2018 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - National Geographic Amerika kembangkan sebuah proyek mikrofon kebenaran untuk tangkal berita hoax.

Pihak National Geographic sadar bahwa akhir-akhir ini berita palsu menjadai salah satu topik yang banyak diberpincangkan tahun ini.

Dengan Mikrofon kebenaran tersebut, National Geographic dapat meningkatkan jurnalisme investigatif ke tingkat yang lebih serius.

Mikrofon kebenaran tersebut memiliki kemampuan untuk mendeteksi suara pengguna dan detak jantung untuk memperjelas keakuratan keterangan yang diberikan narasumber.

Untuk membuat Mikrofon kebenaran tersebut, perusahaan bekerja dengan agensi MediaMonks.

Pada mikrofon tersebut terdapat lampu di mikrofon tersebut, mikrofon tersebut akan berubah warna menjadi hijau apabila narasumber berkata hal yang sebenarnya.

Mikrofon kebenaran. (adage.com)

Sebaliknya lampu akan berubah menjadi merah apabila narasumber berkata berbohong.

Menurut Nat Geo Partners Latam head of creative services, Alex Mendes, alat tersebut menerapkan pelacakan alat yang sederhana dan jelas.

Alat tersebut mengubah jam ke waktu ketika topik yang diasumsikan narasumber akurat.

Meski, tidak mungkin untuk mengatakan apakah seseorang berbohong atau mengatakan kebenaran dengan kepastian hingga 100%.

Mikrofon kebenaran. (designtaxi.com)

Sama seperti The Columbia Journalism Review dan The News Literacy Project, mikrofon kebenaran ini bertujuan untuk mengatasi berita palsu, terutama di Amerika Latin dan keberanian untuk menghindari penyebar kepalsuan tersebut.

Nantinya mikrofon kebenaran besutan National Geographic ini akan meluncur bulan ini dan akan bermanfaat untuk mempromosikan jurnalisme mendatang yang juga digarap oleh NatGeo.

BACA SELANJUTNYA

Bukan 4, Penelitian Terbaru Ungkap Samudra di Dunia Kini Ada 5