Sabtu, 04 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 04 September 2018 | 10:00 WIB

Hitekno.com - Pocophone, brand di bawah naungan Xiaomi ini telah resmi masuk Indonesia. Kehadiran Pocophone F1 ini mampu menggebrak pasar smartphone Indonesia .

Tidak dipungkiri kalau Pocophone F1 ini akan bertarung ketat melawan Vivo dan Oppo yang sama-sama dari Cina. Mereka akan bertarung khususnya di segmen menengah.

Di segmen menengah, Pocophone F1 berhasil menggebrak. Terlepas dari masalah aplikasi kamera yang sempat mencoreng, spesifikasi yang dibawanya dan harga jualnya yang relatif murah bisa membuat pesaing ketar-ketir.

Pocophone F1, dengan prosesor Snapdragon 845 dan dijual seharga Rp 4,5 - Rp 5,2 juta, bisa mengancam penghuni segmen kelas menengah lain seperti Oppo F9 dan Vivo V9, atau bahkan pemain di kelas premium seperti Oppo Find X.

Pocophone F1. (SvTech World)

Menanggapi persaingan yang semakin ketat, Vivo justru memberikan apresiasi.

"Saya apresiasi kompetitor yang melakukan gebrakan baru untuk segmen mereka. Mereka kan harus selalu upgrade," ujar Jason Fanjaya, Product Manager Vivo Indonesia di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Menurut Jason, kehadiran Pocophone akan membuat industri smartphone semakin sehat karena membuat konsumen memiliki banyak pilihan.

"Saya rasa ini jalan yang baik, karena tujuannya memenuhi keinginan konsumen. Kan setiap brand harus memenuhi semua segmen," tambahnya.

Meski demikian, ulas Jason, Vivo yakin produknya masih akan lebih dominan. Ia bahkan yakin tahun ini Vivo akan masuk ke jajaran tiga besar di Indonesia.

"Tahun ini kita berharap bakal berada di top three di Indonesia," ujar dia.

Ponsel Pocophone F1 diluncurkan di Jakarta, Senin (27/8). (Suara.com/Aditya Gema Pratomo)

Tanggapan Jason itu berbeda dari pendapat Oppo Indonesia, yang memandang Pocophone sebagai pendatang baru yang masih perlu membuktikan diri ke publik.

"Mereka kan merek baru. Belum ada pembuktian apa-apa. Biar publik yang menilai," kata Aryo Meidianto PR Manager Oppo Indonesia dua pekan lalu.

Menurut data IDC Indonesia, Vivo dan Oppo sudah masuk dalam daftar lima produsen ponsel paling laris di Indonesia pada 2017 lalu.

Vivo berada di urutan kelima kalah dari Oppo yang duduk di peringkat kedua. Samsung masih dominan di urutan pertama, Advan di urutan ketiga, dan Asus di urutan keempat.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Pocophone F1 Serbu Indonesia, Begini Beda Tanggapan Vivo dan Oppo.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Pad 6S Pro Rilis ke Indonesia, Tablet Baru Ditenagai Snapdragon 8 Gen 2