Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 07 September 2018 | 14:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone Huawei dan Honor diklaim memiliki performa tinggi. Terbukti hasil benchmark smartphone mereka sangatlah tinggi.

Benchmark dijadikan sebagai tolak ukur sebuah smartphone dari sisi kinerja. Sehingga banyak yang membandingkan berdasarkan nilai benchmark.

Namun ternyata, smartphone flahship Huawei dan Honor ketahuan curangi hasil benchmark. Hal ini diungkap oleh Anandtech.

Saat dilakukan pengujian langsung untuk Huawei P20 Pro, Huawei P20 dan Honor Play. Ternyata hasil yang diklaim pabrikan beda jauh dari hasil pengujian ini.

Anandtech melakukan pengujian menggunakan sofware benchmark meliputi Futuremark’s 3DMark and Kishonti’s GFXBench untuk smartphone flagship tersebut.

Dari hasil benchmark ini, diketahui kalau smartphone Huawei dan Honor tersebut telah memalsukan hasil benchmark untuk promosinya.

Tidak tanggung-tanggung, di beberapa pengujian, baik Huawei P20 Pro, Huawei P20 dan Honor Play mempromosikan nilai benchmark yang lebih tinggi hingga 50 persen.

Lebih detailnya, berikut ini hasil benchmark dari Anandtech.

Hasil Bencmark 3DMark smartphone huawei dan honor. (anandtech)

 

Hasil Bencmark GFXBench smartphone huawei dan honor. (anandtech)

Tim dari Anandtech pun telah bertemu dengan Dr. Wang Chenglu, President of Software di Huawei Consumer Business Group saat di IFA 2018.

Dr. Wang menanggapi kalau nomor benchmark itu tidak mewakili pengalaman yang kan dirasakan pengguna. Nilai bencmark tidak bisa mengungkap kualitas smartphone sepenuhnya.

Namun sayangnya perusahaan ini mempromosikan smartphonenya dengan nomor hasil benchmark tersebut. Sehingga setidaknya petinggi perusahaan tersebut sudah mengetahui kasus ini.

Kita tunggu saja nanti seperti apa kelanjutan kasus kecurangan smartphone Huawei dan Honor ini.

BACA SELANJUTNYA

Lexar Luncurkan NM Card, Jawaban untuk Smartphone Huawei