Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 08 September 2018 | 08:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selama ini terjadi persaingan ketat antar produsen smartphone di Indonesia. Terjadi perebutan antara Xiaomi dan Asus untuk menjadi yang terlarid di Indonesia.

Xiaomi, produsen telepon seluler pintar asal Cina, berhasil menyingkirkan Asus dari daftar produsen smartphone terlaris di Indonesia pada triwulan kedua 2018.

Tak hanya itu, Xiaomi juga berhasil menggeser dua saudara senegaranya, Oppo dan Vivo, dari urutan atas penguasa pasar smartphone di Tanah Air.

"Xiaomi kuda hitam yang telah melewati berbagai tantangan pertumbuhan di masa lalu dan berhasil menduduki posisi kedua pengiriman smartphone terbesar di Indonesia," ujar Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Xiaomi Redmi 5. (DirectD)

Posisi pertama diduduki Samsung dengan pangsa pasar 27 persen, selanjutnya Xiaomi dengan 25 persen, lalu Oppo dengan 18 persen, kemudian Vivo dengan 9 persen, dan satu-satunya merek lokal, Advan dengan pasar sebesar 6 persen.

Sebelumnya dalam data kuartal terakhir 2017 lalu, IDC membeberkan bahwa pasar smartphone Indonesia dikuasai oleh Samsung, Oppo, Asus, Vivo, dan Advan. Kali ini Asus tersingkir dari daftar lima besar produsen smartphone terlaris di Nusantara.

Menurut Febrian, Xiaomi berhasil merebut pasar hingga mendekati Samsung berkat strategi pemasaran yang lebih sederhana ketimbang para pesaing seperti Oppo dan Vivo.

Asus Zenfone Max M1

Xiaomi juga memberikan keuntungan yang lebih sedikit untuk mitra distribusinya dan menawarkan smartphone dengan harga lebih murah, tetapi dengan spesifikasi lebih tinggi kepada pasar.

"Dengan menerapkan strategi ini, Xiaomi berhasil memperoleh market share dan mind share yang signifikan," jelas Febrian.

Meski demikian, dalam data IDC rata-rata smartphone Xiaomi yang dijual ke Indonesia berada di rentang harga Rp 1,9 juta. Sementara Oppo dan Vivo bermain di kisaran Rp 3,2 juta.

IDC memperkirakan Xiaomi akan terus menerapkan strategi ini dalam usahanya untuk meraih posisi teratas di pasar smartphone Indonesia.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Xiaomi Singkirkan Asus dari Daftar Ponsel Terlaris di Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Redmi Note 13 Series Resmi Diluncurkan, Cek Seperti Apa Jajaran HP Baru Xiaomi Indonesia Ini