Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 17 September 2018 | 13:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple telah memperkenalkan seri iPhone terbarunya, iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. Pastinya iPhone baru ini membawa fitur baru.

Namun sayangnya, beberapa fitur baru Apple iPhone XS ini sudah ada duluan di smartphone Android. Bahkansudah jauh-jauh hari fitur tersebut ada.

Apa saja fitur baru Apple iPhone XS yang sudah ada di smartphone Android? Simak berikut ini.

1. Dual SIM

Vivo Y53 triple card slots. (Vivo)

Pengguna smartphone Android pasti tidak asing dengan fitur Dual SIM. Namun untuk iPhone, fitur ini baru ada di generasi iPhone XS ini.

Bahkan sebelum Android ada, fitur dual SIM ini sudah muncul di featured phone. Bahkan triple SIM pun sudah ada, hingga hybrid dari GSM dan CDMA.

Fitur dual SIM ini memang sudah lumrah di ASIA, terutama Cina, India, Asia Tenggara, dan pastinya Indonesia. Namun memang belum banyak dipakai di Amerika Serikat.

2. Neural Engine

AI di Qualcom Snapdragon 710

Chip baru Apple A12 Bionic menawarkan Neural Engine yang berfokus pada performa machine learning dan kecerdasan buatan (AI).

Namun, teknologi semacam ini sudah ada sebelumnya. Chipset Snapdragron dari Qualcomm dan Kirin dari Huawei sudah memiliki teknologi semacam ini.

Bedanya, Apple lebih menfokuskan Neural Engine untuk Augmented Reality dan machine learning mereka. Sedangkan di smartphone Android banyak dipakai untuk mempercantik foto.

Kita tahu banyak smartphone Android seperti Oppo dan Vivo yang mengandalkan teknologi semacam AI Beauty untuk menghasilkan foto yang lebih baik, terutama foto selfie.

3. Smart HDR

Huawei P20 Pro dan Honor Play. (amazon)

Teknologi fotografi memang diunggulkan oleh Apple iPhone XS. Salah satunya adalah smart HDR yang bisa menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Apple juga memanfaatkan AI untuk menghasilkan foto dengan dynamic range yang baik. Sehingga objek di depan tampil natural namun backgroud tidak terlalu terang.

Teknologi semacam ini sudah lama hadir di Android melalui smartphone. Bahkan HTC telah mempromosikan smartphonenya dengan HDR sejak 2017 yang lalu.

4. Perubahan Aperture Foto

HTC Desire 826. (ndtv)

Fitur baru Apple di iPhone XS adalah Retouch Aperture. Fitu ini memungkinkan perubahan aperture dari foto sehingga bisa merubah kedalaman foto atau bokeh.

Sayangnya, teknologi merubah aperture setelah foto diambil sudah ada lama di smartphone Android. Bahkan Huawei dan HTC memiliki teknologi semacam ini sejak 2015.

Baik Apple maupun HTC sama-sama memakai algoritma dari software mereka. Bedanya, Apple pakai AI yang lebih canggih.

Itulah tadi 4 fitur baru dari Apple iPhone XS yang ternyata sudah ada di smartphone Android lebih dulu.

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android