Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 22 September 2018 | 21:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple mengklaim iPhone XS adalah iPhone terbaik yang pernah mereka buat untuk saat ini. Tapi bagaimana jika dilakukan uji jatuh atau drop test pada iPhone XS?

Apple mulai memasarkan iPhone XS pada Jumat (21/9/2019) kemarin, smartphone itu sudah mulai bisa dibeli di beberapa negara.

Smartphone itu, iPhone XS, diklaim oleh Phil Schiller, direktur pemasaran Apple, sudah dibalut oleh material kaca baru yang merupakan ''kaca terkuat yang pernah digunakan oleh smartphone mana pun di dunia.''

Sebenarnya klaim seperti ini bukan yang pertama diutarakan Apple. Kala meluncurkan iPhone X tahun lalu, Apple juga mengklaim hal yang sama. Tetapi ketika diuji, layar dan bodi iPhone X tergores dan pecah juga.

Apple iPhone XS Max dan iPhone XS. (Apple)

Tetapi kali ini berbeda. Dalam pengujian yang digelar Cnet, iPhone XS nyaris tak tergores sedikit pun ketika dijatuhkan ke atas permukaan trotoar yang keras.

Dalam pengujian itu, tim Cnet empat kali menjatuhkan iPhone XS. Pertama dan kedua dari ketinggian sekitar 90 cm atau setara dengan tinggi kantong celana.

Dalam pengujian pertama, iPhone XS dijatuhkan dengan layar menghadap ke trotoar dan kedua kalinya, bodi belakang dibenturkan ke permukaan trotoar. Hasilnya, layar dan bodi belakang iPhone XS masih utuh dan bahkan tak ditemukan goresan berarti.

Pengujian ketiga dan keempat, iPhone XS dijatuhkan dari ketinggian 150 cm atau setara dengan mata manusia dewasa. Sama seperti pengujian pertama, awalnya iPhone XS dijatuhkan dengan layar menghadap ke tanah lalu sisi belakangnya.

Hasilnya pun sama saja. Tak ditemukan goresan berarti, apa lagi retakan pada baik layar maupun bodi smartphone baru Apple tersebut.

Cnet kemudian menghubungi Apple untuk mencari tahu material kaca apa yang digunakan pada iPhone XS. Sayang, Apple enggan mengungkap rahasia dapurnya.

Tulisan mengenai drop test iPhone XS ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul iPhone XS vs Trotoar: Akankah Gawai Terbaru Apple Selamat?

BACA SELANJUTNYA

Nggak Nyangka, Chipset Snapdragon 8 Gen 2 Ternyata Lebih Mahal dari A16 Bionic