Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 24 September 2018 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berbicara mengenai dunia jurnalistik tentu ada banyak hal yang mempengaruhi. Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam dunia jurnalistik adalah teknologi.

Seiring dengan perkembangan dan inovasi teknologi tentu akan sedikit banyak memberikan pengaruhnya bagi jurnalistik. Salah satu contoh sederhana adalah berkembangnya jurnalistik dari cetak ke digital.

Selain itu, cara kerja jurnalis juga ikut terpengaruh teknologi nih. Banyak jurnalis yang kemudian menggunakan internet untuk mendapat berita atau informasi sebagai sumber.

Dulu, sebelum ada internet, para jurnalis televisi menggunakan jasa angkutan untuk mengirim kaset video. Sedangkan jurnalis media cetak menggunakan fax untuk mengirim bahan ke kantor redaksi. Setidaknya, proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Nah, untuk sedikit membawamu kembali mengenang beberapa teknologi yang berpengaruh dalam dunia jurnalistik. Berikut beberapa di antaranya yang sudah tim HiTekno rangkum untukmu.

1. Alat rekam audio

Alat rekam audio. (San Antonio Express-News)

Jika sekarang kamu bisa menemukan alat rekam audio dengan mudah, dulu jurnalis hanya bisa mencatat apa yang disampaikan narasumber.

Kini, alat perekam digital bisa kamu temukan di smartphone yang kamu gunakan sehari-hari. Hal ini tentu sangat membuat kerja para jurnalis semakin cepat dan efisien.

Selain itu, cara kerja ini mampu mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengedit dan menyiarkan rekaman liputan.

2. Laptop

Laptop. (Ryerson School of Journalism)

Sekarang, kamu akan menemukan para jurnalis dengan laptop ditangannya saat sedang ada konferensi pers. Hal ini tentu membuat para jurnalis bekerja dengan lebih cepat.

Mesin tik dan komputer desktop memang menjadi revolusi jurnalisme modern.

Dulu, para jurnalis hanya memanfaatkan pulpen dan kertas sebagai senjatanya saat hendak melakukan liputan.

3. Internet

Internet. (Kim Komando Show)

Adanya laptop dan alat rekam audio tentu tidak akan berguna jika tidak dilengkapi dengan internet nirkabel seperti WiFi.

WiFi dan internet menjadi sumber informasi utama dari seorang reporter dalam melakukan tugasnya. Hanya dengan internet, semua hal yang diperlukan bisa langsung ditemukan.

4. Media Sosial

Media Sosial. (Twitter)

Adanya internet tentu juga berpengaruh dengan berkembangnya berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, hingga Instagram.

Media sosial bagi jurnalis bisa menjadi penghubung untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat atau narasumber.

Selain itu, sebagian besar operasi berita online berasal dari media sosial saat pengguna yang satu merekomendasikan dan membagikan beritanya ke pengguna lainnya.

Dengan deretan perkembangan inovasi teknologi di atas, tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi berpengaruh dalam penyebaran informasi dalam dunia jurnalistik. Para jurnalis merasakan hal yang sama?

BACA SELANJUTNYA

Huawei MateBook D 14, Laptop Premium Bobot Ringan dan Performa Kencang