Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 25 September 2018 | 11:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sistem operasi Android besutan Google kemarin (23/9) genap berusia 10 tahun.

Tahun 2008 adalah pertama kali sistem Android ditanamkan di perangkat HTC Dream atau T-Mobile G1 di pasar Amerika Serikat.Perangkat tersebut menajdi yang ponsel pertama menjalankan sistem OS robot berwarna hijau tersebut.

Saat itu ponsel HTC Dream masih dibekali dengan tombol fisik QWERTY geser dengan trackball yang diapit tombol home dan kembali.

Ponsel HTC Dream menjadi pernagkat uji coba OS Android versi 1.1 dan menjadi ponsel Android pertama yang dikomersilkan.Android versi 1.1 ini pun masih jauh dari sempurna dan fiturnya pun tidak beragam seperti saat ini.

Smartphone Android Pertama. (amazon.com)

Saat pertama kali dirilis, sistem Android 1.1 ini tidak menyediakan fitur video player bawaaan atau keyboard QWERTY virtual seperti sekarang. Google Play Store, toko aplikasi yang kita kenal sekarang untuk mengunduh aplikasi saja dulu masih bernama Android Market lho.

Meski terdengar jadul, namun dibanding dengan iOS, Android menawarkan kustomisasi yang tak tersedia di Apple iPhone 3G waktu itu. Sejak itu kepopuleran Android terus berkembang di generasi kedua, Motorola DROID bersama operator seluler verizon dirilis pada 5 November 2009.

Di Android 2.2 Froyo menjadi Android versi pertama yang mendukung fitur Adobe Flash. Dengan dukungan tersebut, Google selangkah lebih maju saat itu dibandingkan dengan perangkat iPhone.

Namun, Adobe Flash menjadi bumerang untuk Android karena menguras daya dan sering membuat lag.

Pasti kalian belum pernah ada yang merasakan Android versi pertama ini? Terakhir selamat ulang tahun Android.

BACA SELANJUTNYA

Google Resmi Ganti Bard Menjadi Gemini, Ini Tujuannya