Minggu, 28 April 2024
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 26 September 2018 | 11:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah pertengahan Agustus lalu Nikon merilis duo mirrorless full frame Z6 dan Z7, kini giliran Canon meluncurkan kamera mirrorless full-frame pertama bernama Canon EOS R.

Kamera mirrorless Canon EOS R ini dibekali dengan sensor CMOS 30,3 megapiksel sensor full-frame dengan ISO 100-40.000.

Sensor kamera Canon mirrorless tipe ini pun menggunakan sensor dual-pixel autofocus untuk mendapatkan fokus yang lebih cepat dan ditambah lagi dengan prosesor gambar Canon DIGIC 8.

Kamera Canon EOS R ini juga dlengkapi dengan layar sentuh jenis OLED yang juga berfungsi sebagai Live View ketika mengambil objek. Untuk panel informasi diletakan di sisi atas kamera.

Canon EOS R. (nexcesscdn.net)

Canon EOS R ini dirilis bersama dengan empat pilihan lensa, yaitu 24-105 mm L dengan bukaan f/4,50 mmL, bukkan f/1,2 dan 28-70 mm L dengan bukaan f/2, serta lensa fixed 35 mm dengan bukaan f/1,8 makro.

Tidak hanya itu, Canon juga merilis tiga pasang adaptor lensa untuk SLR EOS yang merupakan ring kontrol dan sisanya bisa digunakan bersamaan dengan drop-in filter.

Kamera mirrorless pertama Canon ini juga dibekali dengan fitur dual-pixel AF dengan 5.655 titik fokus yang bisa dipilih dan memiliki pengaturan xposure hingga -6EV.

Untuk mendapatkan kualitas foto yang lebih baik, kamera ini juga mendukung format RAW Canon 14-bit CRW dan C-Raw yang baru dan memiliki ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format RAW yang identik dengan file berukuran besar. Hal ini akan membuat kamu berhemat ruang penyimpanan lebih banyak nih.

Canon EOS R. (cloudfront.net)

Uniknya lagi kamera Canon EOS R ini memiliki shutter speed terkencang hingga 1/8000 detik dengan X-sync speed 1/200 detik. Kamera ini juga dibekali fitur 'Silent LV Shooting Mode' yang memanfaatkan shutter elektronik kamera, hal ini membuat kamu memotret tanpa suara.

Desain kamera EOS R ini sendiri terlihat lebih ramping, namun semua lensa pada memiliki tombol kontrol khusus seperti tombol zooming dan fokus manual. Kontrol ini membuat kamu dapat mengatur aperture atau bukaan lensa dari bodi lensa langsung.

Dilansir HiTekno dari laman The Verge, kamera mirrorless Canon EOS R ini dibanderol sekitar US$ 2.299 atau sekitar 34,5 jutaan hanya untuk bodi saja, sedangkan sekitar Rp 51 jutaan kamu bisa mendapatkan lensa 24-105 mm, gimana minat?

BACA SELANJUTNYA

Canon SELPHY CP1500, Printer Foto Portabel Mudah dan Seru