Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 September 2018 | 14:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Perseteruan antara produsen chip asal AS, Qualcomm dengan Apple semakin memanas. Qualcomm menuduh Apple membocorkan rahasia chip mereka ke Intel.

Tuduhan kali ini masuk ke pengadilan California, menandai bentrokan terbaru antara kedua perusahaan.

Secara terpisah, Apple menuduh Qualcomm menyalahgunakan dominasi pasarnya di microchip. Keberatannya berpusat pada biaya yang dibebankan oleh Qualcomm untuk teknologinya.

Selama bertahun-tahun, Qualcomm memasok Apple dengan barang-barang seperti prosesor untuk iPhone dan perangkat keras lainnya, tetapi baru-baru ini pembuat iPhone lebih menyukai Intel.

Ilustrasi chipset Qualcomm. (Gizmochina)

Dalam pengajuan pengadilan baru, Qualcomm mengatakan, para insinyur Apple memasok staf Intel dengan kode sumber rahasia chip Qualcomm, dengan tujuan meningkatkan kinerja chip Intel, meskipun kontrak dimaksudkan untuk membatasi akses ke teknologi.

Qualcomm menduga, langkah itu merupakan bagian dari ''rencana rumit'' yang dikembangkan Apple selama beberapa tahun, dengan tujuan untuk memotong biaya dan meningkatkan pengungkitnya atas Qualcomm.

Isi laporan tersebut adalah pelanggaran telah menyebabkan kerusakan, tetapi tidak terbatas pada kehilangan keuntungan. Hal ini dianggap tidak adil karena hanya memperkaya Apple.

Qualcomm berusaha menambahkan klaim ke gugatan pertama kali diajukan tahun lalu. Laporan awal menuduh bahwa Apple melanggar ketentuan kontrak mereka, termasuk dengan menolak upaya Qualcomm untuk mengauditnya.

Secara terpisah, Qualcomm juga menuduh Apple melanggar patennya.

Apple menolak berkomentar tentang tuduhan baru.

Qualcomm vs Intel (cpuboss.com)

''Qualcomm memasok kami dengan komponen konektivitas tunggal, tetapi selama bertahun-tahun telah menuntut persentase dari total biaya produk kami - secara efektif membebankan inovasi Apple'', jawab Apple.

''Kami sangat meyakini nilai kekayaan intelektual tetapi kami tidak perlu membayar mereka untuk terobosan teknologi yang tidak ada hubungannya dengan mereka. Kami selalu bersedia membayar tarif yang adil untuk teknologi standar yang digunakan dalam produk kami dan karena mereka Saya menolak untuk menegosiasikan syarat yang masuk akal, kami meminta bantuan pengadilan,'' tambah Apple.

Sementara itu, Intel menolak berkomentar.

Laporan ini meluas pertempuran yang sudah berlangsung lama antara dua raksasa teknologi, yang juga menarik minat dari regulator di AS, Eropa dan tempat lain.

Pada 2016, regulator di Korea Selatan mendenda Qualcomm karena melanggar undang-undang persaingan negara.

Komisi Perdagangan Federal AS, pengawas konsumen dan persaingan, juga berpendapat bahwa pendekatan Qualcomm terhadap teknologi perizinan, yang mencakup permintaan pembayaran royalti, merugikan pesaing.

Tulisan mengenai Qualcomm tuduh Apple bocorkan rahasia chip ke Intel ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Qualcomm Tuduh Apple Berbagi Teknologi dengan Intel.

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android