Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Rabu, 10 Oktober 2018 | 18:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Smartphone yang tidak sengaja kecemplung ke air tentu sangat menyebalkan. Dampak buruk dari hal ini bisa saja smartphone kamu tidak bisa digunakan secara normal bahkan rusak. Siap-siap mati gaya deh.

Namun, kamu sebenarnya bisa melakukan pertolongan pertama pada smartphone yang baru saja kecemplung ke air. Jangan pasrah dulu kalau smartphone kamu tiba-tiba masuk ke kubangan air.

Ingat, cara penanganan ini bisa saja berbeda dampaknya tergantung kondisi air yang berada di dalam smartphone kamu.

Berikut beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk selamatkan smartphone yang kecemplung air. Pertama, segera sediakan beberapa perlengkapan di bawah ini ya.

Antara lain, kain mikrofiber, beras kering, air murni, obeng, dan pembersih papan sirkuit elektronik yang bisa kamu temukan di berbagai toko peralatan elektronik.

Ilustrasi smartphone kecemplung air. (pixabay/DariuszSankowski)

Jika semua perlengkapan sudah tersedia, langsung matikan smartphone kamu dan melepas baterai atau aksesori yang terhubung dengan perangkatmu.

Selanjutnya, usahakan untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin dari smartphone. Kamu bisa saja memutar posisi perangkat, atau bahkan mengibaskannya hingga seluruh air keluar.

Timbun smartphone kamu di dalam tumpukan beras kering. Hal ini membantu menyerap kelembapan secara cepat. Beras dipilih karena dipercaya dapat mempercepat proses pengeringan.

Setelah yakin setiap komponen smartphone sudah kering, lap perlahan dengan kain mikrofiber yang dibasahi sedikit, lalu bersihkan papan sirkuit elektronik tersebut.

Jika terasa cukup aman, pasang kembali baterai dan aksesori-aksesori smartphone kamu.

Ilustrasi smartphone kecemplung air. (pixabay/DariuszSankowski)

Beberapa cara di atas bisa kamu gunakan sesaat setelah smartphone kamu kecemplung air. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat mengalami masalah serupa ya.

Hal-hal tersebut antara lain, jangan biarkan smartphone dalam keadaan menyala saat kecemplung air. Proses ini bisa saja merusak komponen di dalamnya.

Selain itu, jangan pernah memencet tombol apapun di smartphone. Hal ini dapat menyebabkan air yang berada di dalam proses akan semakin menyebar.

Kamu juga tidak disarankan untuk langsung meletakkan smartphone di area panas, atau terkena hawa panas. Dalam kondisi smartphone yang kecemplung air, suhu panas dapat merusak smartphone.

Nah, itu tadi beberapa hal yang wajib kamu lakukan saat smartphone kecemplung air. Jangan langsung panik ya.

BACA SELANJUTNYA

Kapan Seseorang Harus Ganti HP? Ini Patokannya